Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
Vol 1, No 2 (2019)

MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UMPET BATU

Siti Rahmah (Universitas Al-Azhar Indonesia)
Zirmansyah Zirmansyah (Universitas Al-Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Disiplin dapat mengasah perkembangan sosial emosional pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin melalui permainan tradisional pada anak kelompok B. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah Kelompok B1 yang berjumlah 24 orang anak di TK Al Kautsar. Data diambil melalui observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan teknik data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 75% anak berhasil mencapai dua butir indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin anak kelompok B1 meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata anak yang mendapat skor 3 pada setiap indikator  per siklus dari siklus I ke siklus II pada indikator taat pada aturan permainan siklus I sebesar 31.8% dan siklus II sebesar 77.2 %, artinya terdapat peningkatan sebesar 45.4%. Pada indikator mengatur diri sendiri siklus I sebesar 31.8% dan siklus II sebesar 77.2 %, artinya terdapat peningkatan sebesar 45.4%. Kesimpulannya adalah permainan tradisional dapat meningkatkan disiplin pada anak kelompok B di TK Al Kautsar Pondok Bambu Jakarta Timur.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AUDHI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang ...