Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
Vol 2, No 1 (2019)

PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK

Nopi Sri Rejeki (Universitas Al-Azhar Indonesia)
Suwardi Suwardi (Universitas Al-Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Kemampuan guru dalam mengelola kelas yaitu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang menyenangkan, mempersiapkan sarana dan prasarana, mengatur ruang belajar dan mengatur waktu guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan data secara empiris tentang pengaruh kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dan sampel penelitian ini adalah 38 guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Rangkasbitung, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner tertutup dengan alat ukur skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana menggunakan program software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan pembelajaran efektif di TK dengan nilai persamaan regresi Ŷ= 54,256+135, dan besaran R Square sebesar 1.6%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AUDHI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang ...