Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 2, No 2 (2013): JUNI

PENGARUH INSENTIF TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Tetap PT. SIER (Persero), Surabaya)

Ni Made Maharani Dwi Ratnasari (Brawijaya University)
Kusdi Rahardjo (Unknown)
M. Djudi Mukzam (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel insentif materiil (X1) dan insentif nonmateriil (X2) secara simultan dan secara parsial terhadap loyalitas karyawan (Y). Sampel dari penelitian ini adalah 120 orang karyawan. Dari penelitian yang dilakukan pada PT. SIER (Persero), Surabaya menunjukkan nilai Sig F < 5% atau (0.000<0.005) yang artinya secara bersama-sama variabel insentif materiil (X1) dan variabel insentif nonmateriil (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas karyawan (Y) sehingga menghasilkan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara parsial melalui hasil analisis regresi, variabel insentif materiil (X1) menghasilkan t hitung sebesar 8.084 > t tabel 1.980 dengan Sig t 0.000 dan alpha 0.05, maka secara parsial variabel insentif materiil (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas karyawan (Y). Sedangkan variabel insentif nonmateriil (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas karyawan dengan hasil regresi t hitung 4.274 > t tabel 1.980 dengan Sig t 0.000 dan alpha 0.05. Berdasarkan Beta dari masing-masing variabel  yaitu X1 sebesar 0.610 dan X2 sebesar 0.323, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X1 adalah variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap variabel Y.   Kata kunci: insentif materiil, insentif nonmateriil, loyalitas karyawan   Abstract This study aims to identify and explain the effect of material incentives variable (X1) and immaterial incentives variable (X2) simultaneously and partially on employee loyalty (Y). The sample of this research is 120 employees. From research conducted at PT. SIER (Persero), Surabaya showed Sig F <5% or (0.000 <0.005), which means together material incentives variable (X1) and immaterial incentives variable (X2) has a significant impact on employee loyalty variable (Y) so that yield conclusions H0 is rejected and Ha accepted. While partially through regression analysis, material incentives variable (X1) results 8.084 for t count > t table with Sig t 0.000 and alpha 0.05, then by partial material incentives variable (X1) has a significant effect on employee loyalty variable (Y). While immaterial incentives variable (X2) partially have significant impact on employee loyalty (Y) with a regression result of t count 4.274> t table 1.980 with Sig t 0.000 and alpha 0.0. Based from Beta of variable X1 results 0.610 and X2 results 0.323, then we conclude that X1 variable have most dominant impact toward Y variable. Keywords: material incentives, immaterial incentives, employee loyalty

Copyrights © 2013