Jurnal Real Riset
Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN TATA NAMA SENYAWA KARBON MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS XI-TSM SMKN 1 NAGAN RAYA

Rahmadani S. Pd (SMK Negeri 1 Nagan Raya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tata nama senyawa karbon yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based instruction di kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data adalah peserta didik kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 peserta didik. Kriteria untuk masing-masing tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. Kriteria proses tercapai jika skor hasil observasi tindakan peserta didik ? 80% dan kriteria hasil tercapai jika 85% peserta didik mendapat skor ? 80 pada tes akhir tindakan. Dari hasil pengolahan, hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan masing-masing sebesar 52,18% dan 17,39% dengan persentase ketuntasan dari 21,73% pada tes awal, 73,91% pada siklus I, dan menjadi 91,30% pada siklus II. Keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based instruction mengalami peningkatan. Keaktifan guru meningkat sebesar 16% dari 77,33% menjadi 93,33%, sementara keaktifan peserta didik terjadi peningkatan sebesar 13,34% dari 73,33% menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan penerapan pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tatanama senyawa karbon  di Kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya, serta juga dapat meningkatkan keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Kata kunci: Hasil belajar, Peserta didik, Model Pembelajaran Problem Based Instruction

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...