Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tata nama senyawa karbon yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based instruction di kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data adalah peserta didik kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 peserta didik. Kriteria untuk masing-masing tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. Kriteria proses tercapai jika skor hasil observasi tindakan peserta didik ? 80% dan kriteria hasil tercapai jika 85% peserta didik mendapat skor ? 80 pada tes akhir tindakan. Dari hasil pengolahan, hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan masing-masing sebesar 52,18% dan 17,39% dengan persentase ketuntasan dari 21,73% pada tes awal, 73,91% pada siklus I, dan menjadi 91,30% pada siklus II. Keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based instruction mengalami peningkatan. Keaktifan guru meningkat sebesar 16% dari 77,33% menjadi 93,33%, sementara keaktifan peserta didik terjadi peningkatan sebesar 13,34% dari 73,33% menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan penerapan pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tatanama senyawa karbon di Kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya, serta juga dapat meningkatkan keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Kata kunci: Hasil belajar, Peserta didik, Model Pembelajaran Problem Based Instruction
Copyrights © 2020