Jurnal Real Riset
Vol 1, No 2 (2019): Oktober 2019

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017)

Nazariah Maisur Annisa Masytari (UNIVERSITAS JABAL GHAFUR)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh rasioprofitabilitas (ROA), rasio likuiditas (CR), rasio laverage (DER) dan rasio aktivitas(TATO) terhadap nilai perusahaan (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhperusahaan manufaktur yang listing di bursa efek indonesia (BEI) tahun 2013-2017.Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampeldalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang farmasiperiode 2013-2017 dan menerbitkan laporan keuangan setiap tahunnya. Berdasarkankriteria jumlah sampel yang diambil 7 perusahaan. analisis statistik yang digunakandalam penelitian ini adalah analisis berganda dengan menggunakan program SPSS.Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rasio keuangan yang terdiri dari currentratio, debt to equty ratio, dan total asset turn over memiliki pengaruh negatif dansignifikan terhadap nilai perusahaan. sedangkan return on asset memiliki pengaruhnegatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di BEIperiode 2013-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 78,4% nilai perusahaanfarmasi dipengaruhi oleh variasi keempat variabel independen yang digunakan yaitucurrent ratio, debt to equty ratio, total asset turn over, dan return on asset, sedangkansisanya sebesar 21,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model penelitianini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...