Jurnal Real Riset
Vol 2, No 2 (2020): Edisi Khusus 2020

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROSEDUR PEMBIAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada Baitul Qiradh Syariah Peusangan Kabupaten Bireuen)

Ismayli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, prosedur pembiayaan dan kualitas produk dengan kepuasan nasabah Studi Pada Baitul Qiiradh Syariah Peusangan Kabupaten Bireuen). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 orang nasabah, analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian bahwa Y = 2.662 + .562X1 + 459X2 + .592X3 Konstanta sebesar 2.662 artinya bahwa, pada keadaan variabel kualitas pelayanan (X1), apabila X1 naik 2% maka Y (kepuasan nasabah) meningkat sebesar 0,562% sementara variabel X2 diasumsikan tetap. Selanjutnya apabila X2 (prosedur pembiayaan) meningkat sebesar 2% saja, maka Y (kepuasan nasabah) meningkat sebesar 0,459% sementara variabel X1 diasumsikan tetap. Selanjutnya apabila kualitas produk (X3) meningkat 2% saja, maka Y (kepuasan nasabah) meningkat sebesar 592%. Koefisien korelasi diperoleh. Nilai koefisien korelsi (R) bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, Nilai koefisien kolerasi diperoleh sebesar 89,1% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor kualitas pelayanan, prosedur pembiayaan dan kualitas produk dengan kepuasan nasabah. Semakin tingginya nilai koefisien korelasi yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Sedangkan nilai koefisien diterminasi (R2) adalah bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan, prosedur pembiayaan dan kualitas produk dengan kepuasan nasabah. Nilai koefisien diterminasi diperoleh sebesar 76,3% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor kualitas pelayanan, prosedur pembiayaan dan kualitas produk dengan kepuasan nasabah. Uji T diperoleh T-hitung > T-tabel. Secara partial berarti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, prosedur pembiayaan dan kualitas produk dengan kepuasan nasabah, dengan demikian keputusan penelitian ini adalah menerima hipotesis Ha. Uji F bertujuan untuk menguji hipotesis secara serempak atau secara simultan. Dalam penelitian ini diperoleh F-hitung sebesar 227.967 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 3,23 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. Dengan demikian secara simultan menerima hipotesis Ha dan menolak Ho.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...