Jendela Pendidikan
Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan

PENGARUH METODE RESITASI DAN PROBLIM SOLVING TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SDN PADANGJAMBU KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK

Wiwit Endah Lestari (Prodi Administrasi Pendidikan FKIP)
Mazlan Mazlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Manajemen keuangan sekolah, ada tiga tugas dan peran yang dilakukan di sekolah, yaitu otorisator, ordonator dan bendaharawan. Otorisator adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakan yang mengakibatkan penerimaan/pengeluaran anggaran. Ordonator adalah pejabat yang berwenang melakukan pengajuan dan memerintahkan pembayaran atas segala tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Bendaharawan adalah petugas yang berwenang melakukan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang atau surat berharga lainnya. Tugas membuat penghitungan dan pertanggungjawaban keuangan dilakukan oleh bendaharawan. Tugas otorisator dan ordonator dipegang oleh kepala sekolah. Tugas bendaharawan dipegang oleh pegawai sekolah dan atau guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah dengan Surat Keputusan (SK), dalam hal ini kepala sekolah sebagai pengendali kegiatannya. Perlu dijelaskan bahwa kepala sekolah tidak dibenarkan menjabat sebagai bendaharawan sekolah, namun ia bertindak sebagai pengawas dan pengendali keuangan sekolah. Kepala sekolah hendaknya mampu mengawasi kinerja bendaharawan sehingga kebenaran dari pembukuan dan penggunaan keuangan sekolah bisa dipantau secara terus menerus.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolvingdi SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Resitasio dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Metode Resitasi dan PrblimsolvingKecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 595SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Metode Ceramah , Tanyajawab , Prestasi Belajar, dan SDN Paromahan Kabupaten Gresik DOI : 10.5281/zenodo.3496252

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...