cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 120 Documents
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 MELALUI METODE TANYA JAWAB LATIHAN DAN CERAMAH DI SDN TANJUNGORI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK Adi Penata Rahmawan; Abdul Aziz
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 5 No 2 (2016): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v5i2.325

Abstract

Latar Belakang di dalam sistem terdapat komponen-komponen , setiap komponen melaksanakan fungsinya masing-masing. Komponen yang integral yaitu bagian dari suatu sistem yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari sistem itu, sebab tanpa komponen integral ini tujuan akan sulit dicapai, sedangkan komponen yang tidak integral adalah apabil;a dihilangkan tidak mempengaruhi kerja sistem, sistem pembelajaran mempunyai banyak komponen, salah satu komponen yang merupakan komponen integral adalah komponen pembelajaran. Rumusan seberapa besar Hubungan metode diskusi, sosiodrama dan demonstrasi terhadap Prestasi hasil belajar Siswa kelas 5 SDN Tanjungori Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.” Tujuan ingin mengetahui seberapa besar Hubungan metode diskusi,sosiodrama dan demonstrasi terhadap Prestasi hasil belajar Siswa kelas 5 SDN Tanjungori Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.” Metodologi penelitian yaitu dengan populasi Hubungan metode diskusi,sosiodrama dan demonstrasi terhadap Prestasi hasil belajar Siswa kelas 5 SDN Tanjungori Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.”dan sampelnya 35 Siswa kelas 5 SDN Tanjungori Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan analisa data untuk menguji hipotesa dengan cara Statistik dengan humus Product Moment . Berdasarkan problematik dan tujuan penelitian ini hasil-hasil penelitian dapat dipeorleh kreteria amat baik baik penggunaan media pembelajaran di Hubungan metode diskusi,sosiodrama dan demonstrasi terhadap Prestasi hasil belajar Siswa kelas 5 SDN Tanjungori Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media terhadap prestasi relajar. Kata Kunci : integral, sosiodrama, demonstrasi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELAS VIII-B DI SMPN I BANGILAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Wiwit Endah Lestari; Mas'ud Mas'ud
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 7 No 1 (2017): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v7i1.542

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menumbuh kembangkan anak. Peran keluarga menjadi begitu penting dalam membentuk beberapa sikap dasar yang akan menentukan perkembangan kepribadiannya di masa depan. Pada tahap awal perkembangan, peran keluarga yang utama adalah memberikan perhatian dan memenuhi kebutuhan rasa aman bagi anak sehingga anak mampu mengembangkan dasar kepercayaan terhadap lingkungan. Kemandirian anak sudah harus tumbuh pada usia prasekolah agar kepercayaan dirinya bisa tumbuh dan berkembang dengan wajar. Seorang anak merasa perlu untuk mandiri dan memang ada dorongan nalurinya untuk menjadi mandiri.Skripsi ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemandirian anak.Penelitian dilakukan di SMPN I Bangilan Kecamatan Bangilan Kab. Tuban, dengan obyek penelitian siswa dan orangtua anak yang bersangkutan. Instrumen yang digunakan adalah angket pola asuh orangtua yang meminta jawaan dari orangtua siswa untuk mengetahui pola asuh yang mereka terapkan. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi yang mengamati tingkat kemandirian siswa di sekolah. Baik angket maupun observasi dinilai dengan skala 1 sampai 4. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pengujian selanjutnya. Pengujian ada tidaknya hubungan antara pola asuh orangtua dan kemandirian siswa diuji dengan analisis korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua memiliki hubungan yang cukup kuat dengan kemandirian anak dimana diperoleh nilai korelasi sebesar 0,613. Hal ini menunjukkan akan perlunya pemberian sedikit toleransi kepada anak untuk diberikan pola asuh yang benar agar dapat memicu anak untuk dapat melakukan segala sesuatunya secara mandiri.Berdasarkan simpulan analisis ini disarankan kepada: (1) orangtua untuk lebih meningkatkan sikap positif mereka terhadap program-program dalam rangka mendidik anak untuk memiliki kemandirian yang besar, (2) bagi orang tua agar dapat mendampingi putra-putrinya belajar dan membimbing mereka untuk menentukan cara atau jalan mereka yang terbaik supaya lebih mandiri, (3) bagi pendidik, diharapkan mampu memberikan contoh dan perilaku mandiri kepada siswa. Kata kunci    : Pola asuh orang tua, kemandirian anak DOI :10.5281/zenodo.3472152
IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS MENGAJAR GURU DI SMK NEGERI WINONGAN siti bariroh; Anita Yuniarti
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 6 No 1 (2016): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v6i1.313

Abstract

Implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam bentuk tindakan praktis, sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan, maupun nilai dan sikap Administrasi pelaksanaan kurikulum berkenaan dengan semua perilaku yang bertalian dengan semua tugas yang memungkinkan terlaksananya kurikulum. Dalam administrasi pelaksanaan kurikulum ini, tujuan administrasi tersebut adalah agar kurikulum dapat dilaksanakan dengan baik. Administrasi bertugas menyediakan/mempersiapkan fasilitas material, personal dan kondisi-kondisi agar kurikulum dapat dilaksanakan Aktivitas guru merupakan kegiatan yang dilakukan guru selama proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, guru mempunyai tugas untuk memberikan pengetahuan (cognitive), sikap dan nilai (alfective), dan keterampilan (psychomotor) kepada siswa. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai aktivitas guru dalam pembelajaran sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan perkembangan siswa Fokus Masalah dalam Penelitian ini adalah : 1. Bagaimana implementasi administrasi kurikulum di SMK Negeri Winongan, 2. Faktor apa saja yang menghambat implementasi kurikulum di SMK Negeri Winongan, 3. Bagaimana solusi dalam menghadapi kendala yang ada dalam implementasi administrasi kurikulum di SMK Negeri Winongan Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui implementasi administrasi kurikulum di SMK Negeri Winongan, 2. Untuk mengetahui faktor penghambat pada implementasi administrasi kurikulum di SMK Negeri Winongan, 3. Untuk mendeskripsikan solusi dalam menghadapi kendala yang ada dalam implementasi administrasi kurikulum. Metodologi Penelitian : Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Winongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala SMK, Wakasek Kurikulum dan Guru. Data tentang pelaksanaan administrasi kurikulum diperoleh dari hasil wawancara dan observasi peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa implementasi administrasi kurikulum di SMK Negeri Winongan terlaksana dengan baik. Artinya mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulumnya dapat berjalan baik. Dengan demikian segala bentuk program pengajaran maupun pelaksanaan KBM akan berjalan lebih optimal apabila didukung oleh pengelolaan yang baik pada administrasi kurikulum di sekolah dan terutama pada aspek peningkatan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Implementasi, Administrasi Kurikulum, Aktivitas Guru
PENGARUH METODE RESITASI DAN PROBLIM SOLVING TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SDN PADANGJAMBU KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK Wiwit Endah Lestari; Mazlan Mazlan
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.906

Abstract

Manajemen keuangan sekolah, ada tiga tugas dan peran yang dilakukan di sekolah, yaitu otorisator, ordonator dan bendaharawan. Otorisator adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakan yang mengakibatkan penerimaan/pengeluaran anggaran. Ordonator adalah pejabat yang berwenang melakukan pengajuan dan memerintahkan pembayaran atas segala tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Bendaharawan adalah petugas yang berwenang melakukan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang atau surat berharga lainnya. Tugas membuat penghitungan dan pertanggungjawaban keuangan dilakukan oleh bendaharawan. Tugas otorisator dan ordonator dipegang oleh kepala sekolah. Tugas bendaharawan dipegang oleh pegawai sekolah dan atau guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah dengan Surat Keputusan (SK), dalam hal ini kepala sekolah sebagai pengendali kegiatannya. Perlu dijelaskan bahwa kepala sekolah tidak dibenarkan menjabat sebagai bendaharawan sekolah, namun ia bertindak sebagai pengawas dan pengendali keuangan sekolah. Kepala sekolah hendaknya mampu mengawasi kinerja bendaharawan sehingga kebenaran dari pembukuan dan penggunaan keuangan sekolah bisa dipantau secara terus menerus.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolvingdi SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Resitasio dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Metode Resitasi dan PrblimsolvingKecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 595SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Metode Ceramah , Tanyajawab , Prestasi Belajar, dan SDN Paromahan Kabupaten Gresik DOI : 10.5281/zenodo.3496252
NEED ASSESSMENT DAN NEED ANALYSIS BAHASA INGGRIS DESAIN ESP UNTUK KEJURUAN TEKNIK PEMESINAN dina amaliyah musthoza
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 7 No 2 (2018): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v7i2.742

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan Need Assessment atau penilaian kebutuhan dan Need Analysis atau analisis kebutuhan dari siswa SMK jurusan teknik pemesinan melalui English for Specific Purpose (ESP) atau bahasa inggris untuk tujuan khusus yang seyogyanya diterapkan. Namun, sebagian besar guru mengarah pada konten pembahasan tentang pengetahuan secara umum untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitatif dengan menjabarkan proses Need Assessment yaitu pengumpulan informasi, identifikasi kesenjangan, analisis performa, identifikasi hambatan dan sumber, identifikasi karakteristik siswa, identifikasi tujuan, dan menentukan permasalahan, yang kemudian menghasilkan Need Analysis melalui sumber data berupa observasi partisipatif, wawancara, kajian dokumen, dan kajian pustaka. Penelitian ini menghasilkan proses Need Assessment yang mengarah pada Need Analysis siswa SMK jurusan pemesinan membutuhkan untuk mengenal kosa kata dan istilah – istilah bahasa inggris dalam dunia pemesinan, mempelajari hal-hal yang bersifat kekinian berkaitan dengan teknologi terapan, dan mengetahui perkembangan teknologi masa depan dalam dunia pemesinan. Kata kunci: Need Assessment, Need Analysis, ESP, Kejuruan Teknik PemesinanDOI :10.5281/zenodo.3472118
PERENCANAAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKKAN MANUSIA SEUTUHNYA DI SD YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK adri janti; Taufiq Harris; Silvana Agustin
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 2 (2020): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i2.1061

Abstract

Perencanaan dan pengimplementasikan pendidikan karakter mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas peserta didik serta dapat menggunakan pengetahuannya secara mandiri dan menginternalisasikan nilai-nilai karakter kedalam perilaku sehari-hari Rumusan Masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana Perencanaan Pendidikan Karakter di SD YIMI FULL DAY SCHOOL Gresik? (2) Bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai upaya Pembentukan Manusia Seutuhnya di SD YIMI FULL DAY SCHOOL Gresik?. Jenis penelitian deskriptif dengan strategi studi kasus, teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka dan terstruktur dilengkapi dengan observasi partisipasi pasif serta Dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Kegiatan analisis data tersebut, yaitu: data reduction; data display; conclusion drawing/verification. uji keabsahan data antara lain; uji credibility (validitas internal), tranferability (validitas eksternal), dependability (realibilitas) dan confirmability (obyektifitas) Pengelolaan pendidikan karakter di SD YIMI Gresik ada beberapa tahapan persiapan dalam pengelolaan pendidikan karakter yaitu sosialisasi pendidikan karakter dan Penyusunan Kurikulum yang dilakukan satuan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan karakter di SD YIMI Gresik dilaksanakan dengan metode pengajaran terpadu (integrated learning) dengan mengintegrasikan segala aspek yang akan menunjang pencapaian tujuan dan memberikan berbagai kemampuan dasar yang lengkap dan menyeluruh kepada siswa Perencanaan pendidikan karakter SD YIMI Gresik yaitu berkaitan dengan perencanaan sekolah dalam pengelolaan pendidikan karakter, perencanaan program pendidikan karakter,serta perencanaan kurikulum pendidikan karakter. Demikian nilai-nilai karakter yang ditekankan dan menjadi perhatian paling utama bagi SD YIMI Gresik yaitu religius, disiplin, tanggung jawab dan kejujuran. Sedangkan penerapan pendidikan karakter pada peserta didik melalui pengintegrasikan pada mata pelajaran terutama pengelolaan nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab, serta melalui program kegiatan PAS (Panduan Anak Sholeh), sholat berjama’ah sholat dhuha, dhuhur dan Ashar, Murrotal pembinaan baca Qur’an dan akhlaq setiap pagi, Spiritual Quotieon Muhasabah, istighotsah. Program kegiatan tersebut merupakan sebagai upaya pembentukan manusia seutuhnya di SD YIMI Gresik. Kata Kunci : Pendidikan karakter, Pembentukan Manusia seutuhnya
HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN PRILAKU PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I BANGILAN Sri Sundari; Sholikin Sholikin
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 6 No 2 (2017): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v6i2.533

Abstract

Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Terhadap Peningkatan Perilaku Peserta Didik Di  SMP Negeri I Bangilan Tahun Pelajaran 2015/2016, hal yang melatarbelakangi  penelitian ini adalah terjalinnya hubungan  yang baik antara sekolah dengan masyarakat dan peningkatan prilaku yang positif peserta didik.Kajian pustaka 1) Hubungan sekolah dengan Masyarakat, 2) Kajian Pengaruh masyarakat terhadap Sekolah, 3) Peningkatan prilaku Peserta didik, 4) Jenis-jenis hubungan sekolah dengan masyarakat, 5) Peningkatan Prilaku.Metode penelitian yang digunakan adalah: 1) Metode Studi Kasus 2) Jenis penelitian Study Lapangan, 3) Populasi, Sampel dan Sumber data adalah : Profil sekolahan, 4) Teknik Sampling Stratified Proportional , 5) Analisa Data.Kesimpulan, bahwa antara Sekolah dengan Masyarakat, perlu adanya hubungan yang intensif  untuk dapat meningkatan perilaku  peserta didik.Kata Kunci: Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat, Peningkatan Perilaku DOI :10.5281/zenodo.3472160
Analisa Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kinerja Guru ( Studi Kasus Di 6 TK Kabupaten Gresik) Etiyasningsih Etiyasningsih; Ratih Trianawati
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 9 No 1 (2019): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v9i1.976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan kepalasekolah di 6 TK Kabupaten Gresik, gambaran kinerja guru di 6 TK Kabupaten Gresikdan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolahterhadap kinerja guru 6 TK Kabupaten Gresik. Serta memiliki kegunaan di berbagaipihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun di pihak penulis sendiri.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X)dan kinerja guru (Y). Dalam penelitian ini yang di jadikan populasi adalah kepalasekolah, wakil kepala sekolah dan guru yang terdiri dari 26 orang yang masingmasingmemiliki fungsi, kualitas dan karakteristik yang berbeda- beda dan sampeldalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu dari seluruh jumlah tenaga guru,kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah yang berada di 6 TK Kabupaten Gresikdengan jumlah 26 orang. Instrumen dalam penelitian adalah skala likert dan pedomanwawancara untuk mendapatkan skor kepemimpinan kepala sekolah dan skor kinerjaguru. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknikexperts judgment, sedangkan untuk reliabilitas instrument menggunakan rumusAlpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Kepala 6TK di Kabupaten Gresik menurut sebagian guru (54%) termasuk dalam kategoritinggi; kemudian (2) Kinerja guru 6 TK Kabupaten Gresik lebih dari separuh guru(54%) dalam kategori tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikankepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 30,6% variansi yangterjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah,sedangkan 69,4% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalampenelitian ini.Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH SECARA SISTEMATIS SEBAGAI UPAYA KEBERHASILAN PENDIDIKAN eviy aidah fithriyah; Slamet Hariyadi
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 6 No 1 (2016): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v6i1.318

Abstract

Dalam penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan administrasi sekolah yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pihak-pihak terkait dan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ketepatan, keakuratan dan kecepatan penyajian data/informasi merupakan faktor penting dalam mengelola administrasi yang baik. Salah satu tugas tenaga administrasi sekolah dalam suatu instansi pendidikan adalah surat menyurat, karena itu administrasi sekolah sering disebut pekerjaan tulis menulis yang menghasilkan surat dan kemudian terkumpul menjadi arsip. Pengelolaan surat menyurat perlu diterapkan untuk masing-masing instansi pendidikan, karena merupakan sumber data atau informasi yang bermanfaat untuk kemajuan instansi pendidikan tersebut secara maksimal. Sumber data atau informasi yang digunakan adalah surat.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pengelolaan administrasi surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan, 2) Sarana apa saja yang digunakan dalam pengelolaan surat menyurat, 3) Kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pengelolaan surat menyurat.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan administrasi surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. 2) Untuk mengetahui sarana apa saja yang digunakan dalam pengelolaan administrasi surat menyurat. 3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi dalam pengelolaan administrasi surat menyurat.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar karena seluruh kegiatan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan mengacu pada Peraturan Bupati Pasuruan Nomor : 40 Tahun 2011 Tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Meskipun masih terdapat kekurangan, Perlu segera dilakukan pelatihan mengenai pengelolaan sura menyuratt. Sarana untuk pengelolaan surat menyurat harus dalam keadaan baik dari segi kualitas dan kuantitas agar pengelolaan surat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu sarana yang digunakan dalam pengelolaan surat menyurat di SMP Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan masih harus ditambah agar pengelolaan surat dapat ditangani dengan baik. Kendala yang ada yaitu kurangnya kontrol terhadap beredarnya surat di dalam kantor. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar pengelola surat meningkatkan kontrol terhadap beredarnya surat di dalam kantor, sehingga tidak ada surat yang belum diarsipkan karena masih berada pada pembuat surat dan dalam pengembalian surat agar selalu melalui sepengetahuan pengelola surat dan disimpan pengelola surat.Kata Kunci : Pengelolaan dan Administrasi Sekolah
DESAIN PARADIGMA SEKOLAH UNGGUL DAN MODEL PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI REFORMASI SEKOLAH Taufiq Harris
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 7 No 1 (2017): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v7i1.538

Abstract

Gerakan peningkatan mutu pendidikan melalui reformasi sekolah dengan menciptakan desain paradigma sekolah unggul dan model penerimaan peserta didik baru (PPDB) mempunyai posisi strategis untuk mengkondisikan sekolah terus mengikuti perkembangan dan perubahan zaman, sehingga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan paradigma baru di era global, sekaligus memiliki peranan untuk melayani pendidikan secara merata dan adil di seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian kuantitas dan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai kunci keberhasilan mewujudkan pembangunan nasional yang gemilang. Kata kunci: Reformasi Sekolah, Paradigma Sekolah Unggul, Model Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). DOI :10.5281/zenodo.3472136

Page 1 of 12 | Total Record : 120