cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 118 Documents
PENINGKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM NURUL IMAN MENGANTI GRESIK: Manajemen, Motivasi, Peserta Didik Sri Sundari; Ariska Junia
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses peningkatan manajemen sumber daya manusia dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, meliputi kepala sekolah dan guru, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti Gresik dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Perencanaan pada manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik, mengadakan pelatihan dan perencanaan pembelajaran dikelas. (2) Pengorganisasian atau tugas pokok terkait motivasi belajar peserta didik, guru mempersiapkan RPP, membuat jurnal dan melakukan program remedial. (3) Pelaksanaan mengajar guru yang berkaitan dengan motivasi belajar peserta didik, pada awal pembelajaran sudah diberi motivasi terkait materi agar pelaksanaan mengajar berjalan dengan baik. (4) Evaluasi pengelolaan atau manajemen terkait dengan SDM atau guru disekolah, semua guru melakukan evaluasi disetiap akhir pembelajaran dan kepala sekolah melakukan evaluasi disetiap akhir pekan untuk mengetahui proses belajar mengajar dikelas. Hasil siklus pada manajemen SDM dalam memotivasi belajar peserta didik di SD Islam Nurul Iman Menganti Gresik dapat membantu memotivasi belajar peserta didik terbukti dari hasil prestasi yang sudah diperoleh dari peserta didiknya baik secara akademik maupun non akademik.
PENGARUH BERMAIN GAME DALAM HANDPHONE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH MISHBAHUL ISLAM PADEG CERME GRESIK: Bermain Game ; Minat Belajar Etiyasningsih; Riska Ari Agustina
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game dalam handphone terhadap minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg Cerme Gresik. Penelitian ini berjenis kualitatif. Metode penelitian yaitu menggunakan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 dan wali murid Madrasah Diniyah Mishbahul Islam, yang diambil secara keseluruhan siswa sebagai responden pengisian angket atau kuesioner.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan antara temuan hasil angket responden siswa dan temuan hasil angket orang tua respoden diantaranya: 1) Responden berminat dengan game tajwid karena sesuai dengan pelajaran dan menyenangkan, responden sebelumnya belum pernah memainkan game edukasi. 2) Perangkat yang digunakan yaitu Smartphone/Hp. 3) Responden memainkan game tajwid dengan menggunakan Smartphone/Hp orang tua. 4) Orang tua selalu menyarankan dan mengingatkan putra-putrinya untuk selalu belajar sambil bermain guna untuk mempelajari ilmu tajwid. 5) Orang tua responden selalu mendukung putra-putri mereka dengan cara meminjamkan Hp(Smartphone)nya. 6) Orang tua responden akan memberikan hadiah apabila putra-putri mereka dapat meningkatkan nilai mata pelajaran tajwidnya. Bermain game tajwid mempunyai pengaruh yang baik terhadap meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg, sehingga siswa senantiasa mendapatkan peluang untuk mencapai prestasi.
ANALYSIS OF STRATEGIC PLANNING AND MARKETING STRATEGY TOWARDS THE DEVELOPMENT OF ECO GREEN CITY IN PT. ADVANCED INDONESIAN ENERGY Sigit Wisnu Dermawan; Yani Soleha; Arini Egi Tiarawati; Edi Hamdi; Tantri Yanuar Rahmat Shah; Ferryal Abadi
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 11 No 1 (2021): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Marketing plays an important role in the strategic planning process. Marketing management provides the greatest functional contribution in the strategic planning process to obtain the desired results based on the prevailing conditions and structures by using the best resources and company advantages to achieve its goals. This study aims to analyze the marketing strategy towards the development of an eco green city at PT. Advanced Indonesian Energy. This type of research uses descriptive research with a qualitative approach. Sources of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques using interviews and documentation. The information obtained from the data collection was analyzed in three ways, namely reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. The results of the study are based on the QSPM strategy from PT Energi Indonesia Maju which will focus on building closeness with the PLTU to conduct waste co-firing, so the main objective of marketing is to ensure coordination and operational approval of the PLTU Indramayu and the local government of Tasikmalaya in the short term. Prior to full operation, the main objective of marketing is to ensure long-term cooperation with PLTU Indramayu. With a long-term cooperation with PLTU, the company can also ensure its sustainability.
Miskonsepsi Materi IPA Kelas 5 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita pada SDN 1 Kancilan Sukamto Sukamto; Sumarno Sumarno; Joko Siswanto
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 12 No 1 (2022): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning occurs interaction between teachers and students and learning resources in a learning environment. Learning activities are a process of assistance provided by educators/teachers to students so that the process of acquiring knowledge, mastering skills, forming attitudes and self-confidence can occur in students. In the learning process students come with the provision of knowledge and skills. The initial abilities possessed by students are sometimes not in accordance with the concepts contained in the subject matter. The science subject matter is closely related to the natural environment which is very broadly related to everyday human life. Often found misunderstanding of the concepts of Natural Sciences. If students' misunderstandings are allowed to occur, there will be continuous and continuous misconceptions that will affect the quality of students. The purpose of this study was to find out how the initial cognitive ability and its relation to the misconceptions of science learning about heat transfer in class V students. This research method used a quantitative descriptive approach with the object of research being class V students at SDN 1 Kancilan Kembang Jepara. The instrument used in this study was the There Tier-Test which was used to determine initial abilities and identify misconceptions that occurred in fifth grade students. Data analysis in this study was carried out using percentage techniques. The results showed that in general the fifth grade students at SDN 1 Kancilan already had 43% of the initial cognitive knowledge to understand the concept of heat transfer related to daily life events, while those who experienced misconceptions about heat transfer material were 28%. Experiencing misconceptions (False Positive) by 19%, and those who experience misconceptions (False Negative) by 10%. As the beginning of the meeting, the provisions brought by students regarding heat transfer material were mastery of the concept of the Low category, the level of misconceptions was in the Low category, those who experienced misconceptions (False Positive) were in the Low category and those who experienced misconceptions (False Negative) were in the low category. Thus in learning, students already have initial knowledge but still experience misconceptions about concepts in science subjects regarding heat transfer in events in everyday life, so innovation, strategies, methods are needed in learning in class V students on the concept heat transfer material so that misconceptions do not occur continuously and continuously.
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Metode Gallery Walk di SMK Negeri 2 Magelang Evi Santi Sasandaru
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1113

Abstract

Metode pembelajaran konvensional disinyalir menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa Kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP-2) pada Mata Pelajaran (Mapel) Otomatisasi dan Tata Kelola (OTK) Sarpras di SMK N 2 Magelang. Dalam metode tersebut siswa masih kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung berorientasi pada teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII OTKP-2 pada Mapel OTK Sarpras dengan menggunakan metode gallery walk. Penelitian dilakukan melaui observasi dan kuesioner untuk mendapatkan data hasil belajar siswa didukung dengan catatan harian oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai prasiklus kategori lulus baik dan amat baik mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai pre test kategori baik meningkat sebesar 10% dan amat baik meningkat 18,5%, sedangkan pada siklus II kategori baik nilai pre test 15% pos tes 37,5%, sedangkan nilai amat baik pada siklus II pre test 80% dan pos tes 95% berarti terjadi peningkatan untuk kategori baik sebesar 70% sedangkan kategori nilai amat baik meningkat sebesar 65% dari 15% pada siklus I meningkat 80% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan ari 67,5% siklus I menjadi 95% siklus II. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam praktik bermain peran sebagai pendemonstrasi yang memamerkan hasil (gallery) dan sebagai pemerhati. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengamatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu keaktifan siswa pada siklus I 75% sedangkan siklus II 90% meningkat 15%. Pembelajaran dengan metode gallery walk mampu meningkatkan kerjasama antar siswa pada saat memamerkan (gallery) hasil kerja kelompok. Kerjasama antar siswa meningkat dari 80,05% siklus I menjadi 87,5% meningkat sebesar 7,5%. Saat menggunakan metode gallery walk guru hendaknya memperhatikan faktor psikologis siswa dan mampu menyusun skenario pembelajaran dengan kreatif agar pembelajaran tidak membosankan bagi Siswa. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran seperti audio dan tempat praktek yang lebih memadai.
Penerapan Model Belajar Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Magelang Sarah Nursiwi
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1114

Abstract

Permasalahan pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PPK) di SMK Negeri 2 Magelang adalah sering ditemukan guru yang kurang mampu menghubungkan relevansi pelajaran dengan kenyataan praktis dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain, situasi dan kondisi belajar yang tidak nyaman dan kurang variatif, minimnya penggunaan media, guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode problem solving sebagai strategi pembelajaran. Objek penelitian adalah siswa kelas kelas XII BDP3 semester gasal di SMK Negeri 2 Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan selama satu bulan pada Oktober 2019 dengan siswa berjumlah 29 orang. Dari hasil penelitian ini diketahui penerapan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum penelitian adalah 69,40 (rendah), pada Siklus 1 adalah 75,41, dan pada Siklus 2 naik menjadi 84,31 (tinggi).
Peningkatan Kenyamanan Siswa dalam Proses Pembelajaran Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Kasus: Kelas X Administrasi Perkantoran 3 di SMK Negeri 2 Magelang) Budi Astuti
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1115

Abstract

Kenyamanan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran merupakan hal yang penting. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengevaluasi apakah rasa aman dan nyaman siswa dapat ditingkatkan melalui layanan Bimbingan Kelompok. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan melalui 3 kegiatan, sedangkan siklus 2 dilaksanakan melalui 2 kegiatan. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Magelang di kelas X Administrasi Perkantoran 3 pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Hasil PTK ini membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan siswa.
PERAN GURU BK TERHADAP MINAT BAKAT DAN DISIPLIN SISWA DI MTS MA’ARIF SIDOMUKTI KEBOMAS GRESIK TAHUN AJARAN 2019/2020 Mas Darul Ihsan; Wilda Sahliyah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1185

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peran guru BK terhadap minat bakat dan disiplin siswa di MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Guru BK berperan sebagai salah satu pihak dalam rangka upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang didapatkan adalah dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru BK, staf tata usaha, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Dalam penganalisisan data, digunakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, data display, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan referensi Sugiyono, yaitu: kredibilitas, keteralihan, reliabilitas, dan kepastian konfirmasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru BK sangat vital karena motivasi, arahan, dan bimbingan dari guru BK berpengaruh besar dalam peningkatan minat bakat dan disiplin siswa. Peran tersebut dilakukan dengan beberapa cara, seperti pemberian bantuan bagi siswa dalam mengasah potensi diri, monitoring terhadap ekstrakurikuler dan kedisiplinan siswa, pemberian konsultasi dan evaluasi terhadap perkembangan minat bakat dan disiplin siswa, dan pemberian bantuan dalam kesiapan  untuk jenjang pendidikan lanjutan
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN SHOLAT BERJAMAAH UNTUK MEWUJUDKAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH (STUDI DI SDN SUNGONLEGOWO 1) etiyasningsih etiyasningsih; muhammad Rofiq
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah untuk mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah di SDN Sungonlegowo 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang saya dapatkan dari kepala sekolah dan para guru pengajar, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah dengan tahap POAC sebagaimana terdapat dalam teori George R. Terry sehingga sekolah dapat mencapai hasil yang maksimal, sekolah mampu menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah untuk mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah terbukti dari berbagai penghargan dan berbagai kegiatan keagamaan yang ada. Upaya penerapan pendidikan karakter di SDN Sungonlegowo 1 dilakukan dengan berbagai kegiatan keagamaan, diantaranya adalah sholat berjamaah, madrasah diniyah, istighosah, pondok romadhon (pada bulan puasa) dan berbagai peringatan hari keagamaan lainnya. Sholat berjamaah di SDN Sungonlegowo 1 masih terkendala dengan gedung musholah yang ukurannya terbatas sehingga dibuatkan penjadwalan sholat secara bergantian agar semua siswa dapat melaksanakan sholat berjamaah. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Sholat berjamaah, Akhlakul karimah.
PROGRAM TAHFIDZ BOARDING SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MENINGKATKAN KUALITAS STANDAR KELULUSAN SISWA DI SMP DARUL ISLAM GRESIK Noor Indahwati; sri sundari
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v10i1.1188

Abstract

SMP Darul Islam Gresik melaksanakan Program Tahfidz Boarding School dalam upaya meningkatkan standar kelulusan siswanya. Dalam hal ini lebih ditekankan pada perbaikan akhlaq dan makin tumbuhnya rasa cinta kepada alquran. Menjadikan Alqur’an dan as-sunnah sebagai sumber segala pijakan hidupnya. Alqur’an merupakan petunjuk hidup, pembeda antara yang hak dan batil, kitab yang didalamnya menghimpun penjelasan sepanjang zaman yang lahir maupun yang batin. Oleh karena itu, untuk mengembalikan generasi Islam kepada kejayaannya dengan segala parameternya, maka orang tua dan lembaga pendidikan sejatinya mengutamakan untuk memiliki visi dan semangat yang sama membawa kembali generasi umat ini kepada Alqur’an; mencintai, meghafalkan, mentadabburi, mengamalkan, mengajarkan, mendakwahkan serta bangga dengan Alqur’an. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari program Program Tahfidz Boarding School Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas standar kelulusan siswa di SMP Darul Islam Gresik Kata Kunci : Tahfidz, Boarding School, Kelulusan

Page 1 of 12 | Total Record : 118