Jendela Pendidikan
Vol 5 No 2 (2016): Jendela Pendidikan

PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SDN KEMUNINGSARI LOR 02 KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Sri Sundari (Unknown)
Achmad Ghozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Iklim organisasi sekolah yang kondusif dan motivasi yang tinggi sangat diperlukan untuk meningkatkan disiplin kerja guru di sebuah lembaga. sehingga dalam penelitian ini akan dibahas penelitian tentang pengaruh iklim organisasi sekolah dan motivasi terhadap disiplin kerja guru di SDN Kemuningsari Lor 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru; (2) pengaruh motivasi terhadap didiplin kerja guru; (3) pengaruh iklim organisasi sekolah dan motivasi terhadap disiplin kerja guru. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang guru. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dokumenter. Pengujian hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Untuk memudahkan perhitungan akan digunakan bantuan software SPSS 16.0 version window. Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian dari hasil analisis jalur (path analysis) diperoleh nilai koefisien analisis jalur 0,280 dan probability signifikansinya sebesar 0,048 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja guru. Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian diperoleh hasil analisis jalur (path analysis) pada tingkat kepercayaan 5% diperoleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,105 dengan nilai probability signifikan sebesar 0,048. Nilai probability signifikan sebesar 0,048 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap disiplin kerja guru.Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian dari hasil analisis jalur (path analisis), diperoleh nilai koefisien korelasi antara iklim organisasi sekolah dengan motivasi sebesar 0,602 dan probabilitas signifikan sebesar 0,002 (< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi sekolah dengan motivasia berkorelasi signifikan dan positif sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya korelasi antara iklim organisasi sekolah dan motivasi terhadap disiplin kerja dapat diartikan bahwa variabel iklim organisasi sekolah dan variabel motivasi memiliki makna dalam mengkonstruksi pengaruhnya secara bersama – sama terhadap disiplin kerja guru.Kata Kunci : iklim organisasi sekolah, motivasi, disiplin kerja guru

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...