Jendela Pendidikan
Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan

PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA KELAS 5 SDN KEPUHLEGUNDI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK

Eviy Aidah Fithriyah (Prodi Administrasi Pendidikan FKIP)
Ayu Nazah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Agama Islam , dan SDN Kepuhlegundi Kabupaten GresikKeberhasilan prestasi mengajar diantaranya adalah factor guru dalam mengauasai metode mengajar dan memilih metode yang tepat , dengan menggunakan metode yang tepat akan meningkatkan prestasi belajar secara optimal. Dengan demikian halnya di SDN Kepuhlegundi ternyata hasi; belajar belum menjacapai ketuntasn minima yang telah ditetapkan , hal ini terdapat hambatan dari kekurangan guru sehingga sering guru merangkap kelas yang lain sehingga kuran member bimbinga dalam memberitugas dan medemonstrasikan pembelajaran dan cenderung memberitugas tanpa bimbingan .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Pemberiantugas dan Demonstrasi di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar Agama Islam siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Pemberiantugas dan Demonstrasi terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Pemberian tugas dan Demonstrasi di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar Agama Islam siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Pemberiantugas dan Demonstrasib terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 5 SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Manajeman Keuangan di SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Metoden Pe,beriantugas dan Demonstrasi terhadap prestasi hasil belajar Agama Islam siswa kelas 5 SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Metode Pemberian Tugash , Demonstrasi , Prestasi Belajar. DOI : 10.5281/zenodo.3496247

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...