Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2020)

Analysis of mathematical understanding on algebraic form material from the aspect of student’s self efficacy

Indah Pratiwi Fadmawarni (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Unknown)
Yenita Roza (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Pemahaman matematika dalam pembelajaran perlu mendapat penekanan karena masih banyak siswa yang belum memahami materi matematika. Materi bentuk aljabar merupakan materi yang dianggap sulit bagi siswa khususnya tentang operasi bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan kemampuan pemahaman matematis tentang materi bentuk aljabar dari aspek Self Efficacy siswa. Penelitian dilakukan di MTs Swasta Al-Munawwarah pada kelas VII-A yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dan angket. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah utama yakni penskoran, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki self efficacy yang tinggi, hal ini terlihat dari terpenuhinya ketiga indikator kemampuan pemahaman matematis. Siswa berkemampuan sedang memiliki self efficacy sedang, hanya mampu memenuhi indikator yang kedua yakni mengaitkan beberapa konsep/prinsip serta menyatakannya dalam simbol matematik. Siswa berkemampuan rendah memiliki self efficacy rendah terlihat dari siswa tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan pemahaman matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...