Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2020): September - Desember 2020

Development of Kahoot application as learning media for online learning in the covid-19 pandemic

Rani Rahim (Unknown)
M. Arif Rahman (Unknown)
Ega Evinda Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran aplikasi Kahoot yang layak dan efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah aplikasi Kahoot. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Untuk melihat kelayakan media diperoleh dari 5 orang validasi ahli yang terdiri dari 2 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli media. Sedangkan untuk melihat keefektifan media diperoleh dari uji coba terhadap media pembelajaran. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba pertama dilakukan kepada 9 orang siswa yang terdiri dari 3 orang siswa kemampuan rendah, 3 orang siswa kemampuan sedang, dan 3 orang siswa kemampuan tinggi. Sedangkan uji coba kedua dilakukan terhadap siswa kelas X yang terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan kesimpulan dari kelima ahli menyatakan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan. Sedangkan berdasarkan rekapan hasil uji coba penilaian siswa terhadap media pembelajaran pada uji coba pertama dan kedua dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran aplikasi Kahoot layak dan efektif digunakan kepada siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...