Tunas Geografi
Vol 4, No 1 (2015): JURNAL TUNAS GEOGRAFI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFERDI KELAS XI-IPS2 SMA NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014

Tutia Rahmi (Alumnus S1 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan)
Restu Restu (Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri MedanJl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate Medan, 20211 Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. (2) Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI- IPS2 dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif dan lembar kerja siswa (LKS), dan (2) Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1)aktivitas belajar siswa sebesar 13,89% dari 56,11% di siklus I menjadi 70,00% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 6,11% menjadi 76,11% di siklus III dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer. (2) hasil belajar siswa sebesar 14%  dari 66% di siklus I menjadi 80% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 7% menjadi 87% di siklus III. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer berarti hasil belajar telah tuntas secara klasikal.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Biosferdi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tgeo

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

The main focus of this journal is Geography Learning, Social and Human Geography, Regional Development, Geographic Information Systems, Remote Sensing, Disaster and Mitigation, Geology and Geomorphology, Oceanography and Coastal. This journal target is teachers, lecturers, graduates, and ...