Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 2 No. 2 (2020): JPDK

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR

Soni Bernadus Masus (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains IPA pada siswa kelas III SD Pelangi School Kecamatan Batam Kota. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran perencanaan pembelajaran keterampilan proses sains IPA, pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains IPA dan peningkatan keterampilan proses sains IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan persentase 69,23% dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61% dengan kategori baik. Dengan demikian, dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...