JiTEKH (Jurnal Ilmiah Teknologi Harapan)
Vol 7 No 1 (2019): Maret 2019

MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TRANSPORTASI ONLINE

Yanti Faradillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

Transportasi adalah proses pemindahan manusia atau barang dengan menggunakan wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Beralihnya jasa pengguna transportasi konvensional ke transportasi online dipengaruhi oleh faktor kecanggihan alat komunikasi (teknologi) dan keinginan masyarakat yang senantiasa menghendaki kemudahan. GoJek dan Grab merupakan aplikasi online untuk menyediakan pelayanan jasa transportasi yang saat ini berkembang sangat pesat di Indonesia dan mulai bermunculan beberapa lainnya aplikasi sejenis yang menawarkan berbagai macam kelebihan, sehingga persainganpun semakin kompetitif. Transportasi publik yang baik harus memenuhi tiga kriteria dasar, yaitu: kenyamanan, keamanan serta ketepatan. Menentukan tingkat kepuasan konsumen ada lima faktor, yaitu: kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, emosional dan kemudahan. Penelitian ini untuk membuat model Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang digunakan untuk membantu transportasi online mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan jawaban-jawaban dari kuesioner. Seleksi yang tepat akan berjalan secara efekttif dan konsumennya akan puas. Model pemilihan multi kriteria yang diusulkan diharapkan dapat membantu konsumen mengidentifikasi transportasi yang terbaik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jitekh

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

JITEKH merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang keteknikan dan teknologi informasi. Ruang lingkup Jurnal JITEKH meliputi bidang Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Sistem ...