Jambura Journal of Mathematics
Vol 1, No 1: Januari 2019

Meningkatkan Penguasaan Siswa Kelas IX pada Fungsi Kuadrat dan Grafiknya Menggunakan Teknik Inkuiri

Sumarno Ismail (Jurusan Matematika Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Magfirah Bakari (SMP Negeri 1 Kabila, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat merupakan dua materi yang mudah untuk dibedakan tetapi keduanya tidak bisa dipisahkan. Penguasaan sebagian besar siswa terhadap fungsi kuadrat dan grafiknya belum menunjukkan batas minimal skor indikator pencapaian kompotensi (IPK). Hal ini terjadi karena bermasalah dalam pengusaan fungsi kuadrat dan menggambar grafik fungsi tersebut. Hasil penjajagan menunjukkan bahwa kondisi tersebut adalah akaibat dari (1) penguasaan siswa yang tidak memadai tentang bentuk persamaan kuadrat, (2) siswa tidak menguasai cara menyelidiki dan menemukan akar-akar persamaan kuadrat. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadapa fungsi kuadrat dan grafik dilakukan kajian melalui tindakan kelas, dengan fokus tindkan adalah penggunaan teknik inkuiri dalam pembalajaran. Teknik inkuiri dengan karakteristik dan langkah pembelajaran penyelidikan dalam penerapaanya (a) memberi ruang kepada siswa belajar untuk berpikir (learning how to thik), (b) menempatkan siswa melakukan proses penyelidikan sesuai dengan cara masing-masing dalam belajarnya dan (c) siswa yang memiliki kemampuan penguasaan dalam range rata-rata atau lebih, tidak terhambat perkembangan penguasaannya oleh siswa yang di bawah rata-rata. Sejalan dengan proses tindikan kelas semua data didokumentasikan, data dimaksud berwujud data kuantitatif maupun data kualitif yang terkait dengan (a) aktivitas guru, (b) aktivitas siswa (kelompok dan individu) dan (c) penguasaan siswa terhadap fungsi kuadrat dan grafik. Semua data dideskripisikan baik dalam bentuk naratif maupun dalam deskripsi statistik. Aktivitas siswa melakukan penyelidikan terbimbing dalam pembelajaran mampu meningkatkan penguasaan mereka terhadap persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat dan grafinya. Penguasaan siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Kabila pada materi fungsi kuadrat dan grafiknya dapat ditingkatkan menggunakan teknik inkuiri dalam pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jjom

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics (JJoM) is a peer-reviewed journal published by Department of Mathematics, State University of Gorontalo. This journal is available in print and online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JJoM is intended as a communication forum ...