Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 5, No 2 (2013): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Evaluasi Pembelajaran Sains Di MI Ma’arif Polorejo

Fu'adi, Athok (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran sains di MI Ma’arif Polorejo, adapun batasan dari rumusan masalah adalah penelitian ini mengambil subjek penelitian hanya kelas empat samapai enam, adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana konteks guru dalam pembelajaran sains 2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran sains, 3) Bagaimana hasil pembelajaran sains.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru sains. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data didapat denganmelakukan triangulasi dan pengamatan terus-menerus. Analisis data dilakukan sejak dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, memasukkan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaLatar belakang guru dan siswa serta lama bekarja guru pembelajaran sains mempengaruhi pembelajaran sains yang ada di MI Ma’arif Polorejo, dengan pendidikan S1 Pendidikan Islam, guru melakukan pengembangan diri dengan pelatihan, sharing antar guru dan KKG, sehingga pembelajaran sains dapat berjalan dengan baik. Implementasi pembelajaran sains berjalan sesuai dengan kurikulum KTSP, dengan menerapkan pengelolaan kelas yang bervariasi, multi metode, multi media dan PAKEM serta dengan model CTL. Hasil dari pembelajaran sains dengan PAKEM akan baik jikamenggunakan dan menambahkan metode drill, sehingga anak didik mampu menerima materi pembelajaran sains dengan baik.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is a journal published by Laboratorium Journal FITK UIN Malang, published twice a year in the June and December periods as a vehicle for scholarly communication in primary education and learning. Editors invite experts and academics to contribute ...