JUDICIOUS: Journal of Management
Vol 1 No 1 (2020): Judicious

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS)

Nurhana Kholifah (STEI SEBI)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa jurusan akuntansi mengenai IFRS. metode asosiatif dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil wawancara mendalam (indepth interview) dengan pakar, akademisi, praktisi, dan mahasiswa yang memilki pemahaman tentang permasalahan yang dibahas.Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari 3 praktisi, 3 akademisi, 3 alumni, dan 3 mahasiswa dengan pertimbangan berkompeten Sedangkan metode yang dipakai adalah ANP. Hasil dari penelitian ini adalah untuk elemen permasalahan, mahasiswa, alumni, dan praktisi sepakat bahwa peringkat elemen permasalahan adalah  1) waktu yang tepat menerapkan kurikulum IFRS. 2) Buku teks yang menggunakan bahasa inggris. 3) dosen yang resisten terhadap perubahan. 4) Materi yang tidak tersedia untuk universitas. 5) Persepsi mahasiswa terkait pengalaman mengajar dosen. 6) pelatihan yg pernah diikuti dosen terkait akuntansi. 7) Tidak ada pengalaman dosen tentang mengajar IFRS. 8) Ukuran dan jenis universitas. 9) Latar belakang yang berbeda beda dari dosen. Untuk elemen solusi adalah 1) Penambahan kurikulum IFRS di perguruan tinggi. 2) Integrasi aspek internasional 3) pembelajaran berbasis web 4) Perbandingan SAK di berbagai negara 5) Meningkatkan pelatihan dosen akuntansi 6) Ketersediaan modul dan 7) Experiental Learning. Dan rater agreement permasalahan sebesar 0,299 lebih tinggi dari rater agreement solusi yang hanya sebesar 0,027.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

judicious

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Judicious is a journal published by Neolectura, issued two times in one year. Judicious is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to general management scope. It is hoped that Judicious can become a media for academics and researchers to publish ...