Informatics and Digital Expert (INDEX)
Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020

Penerapan Model Spiral Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Dinar Makmur Cikarang)

Sri Wahyuni (STMIK Cikarang)
Nur Cahyani (STMIK Cikarang)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Perkembangan era industri 4.0 menuntut setiap instansi agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam segala bidang. Salah satunya adalah pemanfaatan web dalam proses bisnis. PT Dinar Makmur Cikarang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi barang jenis styroform. Dalam penjadwalan produksi masih dilakukan dengan cara manual yang memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya. Selain itu juga dalam pendistribusian jadwal yang sudah jadi terhadap pihak-pihak terkait. Dalam penelitian ini akan dikembangkan system informasi penjadwalan berbasis web menggunakan metode spiral. Berbasis web bertujuan agar mudah diakses dari beberapa tempat yang berbeda. Menggunakan model spiral dikarenakan pengembangan sistem menggunakan model ini mudah dikembangkan dan memerlukan waktu lebih singkat dibanding model lain. Sistem diuji coba dengan black box testing dan melaksankan Forum Group Discussion dengan dihadiri para pihak terkait dengan penjadwalan proses produksi. Dari FGD yang dilakukan menghasilkan bahwa sistem yang dihasilkan dapat diterima. Dapat diartikan bahwa sistem ini sesuai dengan kebutuhan yang ada di bagian penjadwalan produksi PT Dinar Makmur Cikarang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

informatics

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem ...