cover
Contact Name
Randi Rizal
Contact Email
randirizal@unper.ac.id
Phone
+6285320132014
Journal Mail Official
index@unper.ac.id
Editorial Address
Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Jl. PETA No. 177 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Informatics and Digital Expert (INDEX)
ISSN : 27752208     EISSN : 27150453     DOI : https://doi.org/10.36423/index.v2i02.582
INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem Pendukung Keputusan Smart City Digital Forensics Network Forensics Smartphone Forensics Cloud Forensics Computer Forensics Manajemen Data dan Pengetahuan Pemodelan Konseptual, Bahasa dan Desain Data Mining Rekayasa Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Multimedia, Game dan Teknologi Seluler Keamanan Data Pengenalan Pola
Articles 32 Documents
Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Bandung Barat Shisi Prayesti; Asep Id Hadiana; Fajri Rakhmat Umbara
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.428

Abstract

BPBD Kabupaten Bandung Barat merupakan sebuah lembaga pemerintah nonkementerian yang memiliki tugas diantaranya adalah memberikan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan keadaan darurat bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara, menyampaikan informasi kegiatan penanggulangan bencana kepada masyarakat. Agar proses penanggulangan dan pemberian informasi bencana dilakukan secara merata maka, dibentuklah sebuah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) khususnya di Kabupaten Bandung Barat, akan  tetapi pemberian informasi yang diberikan BPBD Kabupaten Bandung Barat mengenai mitigasi dan persiapan bencana belum dilakukan secara menyeluruh, dimana data yang diberikan bukan data per kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat, selain itu  tidak adanya informasi mengenai ancaman bencana, bantuan logistik, serta peralatan penunjang penanggulangan bencana. Hasil keluaran dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang diimplementasikan pada perangkat lunak untuk melakukan pengolahan data penanggulangan bencana dalam membantu proses bisnis yang ada pada BPBD Kabupaten Bandung Barat.
Perototipe Knowledge Management System Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Seci Dan Desain Mvc Aso Sudiarjo; Aries Kusdaryono
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 1 No. 1 (2019): INDEX, November 2019
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v1i1.282

Abstract

Perkembangan kebutuhan informasi juga sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat diantaranya dalam dunia pendidikan. Penerapan Knowledge Management di institusi pendidikan salah satunya di pondok pesantren nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi ini. Masih Banyak Institusi pendidikan seperti pondok pesantren yang belum memiliki sarana dan prasarana teknologi informasi untuk menyimpan, bertukar pengalaman(tacit), informasi dan pengetahan (knowledge) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekolah yaitu guru, untuk itu dibutuhkan knowledge management yang baik, transfer knowledge yang dilakukan oleh guru-guru masih terbatas dalam forum rapat belum ada dokumentasi atau teknologi yang menyimpan tacit dan knowledge guru-guru yang berpengalaman dalam mengajar. Knowledge Management System (KMS) merupakan solusi ideal untuk mengembangkan dan meningkatkan budaya saling berbagi knowledge (sharing knowledge) antara individu maupun organisasi. Pada penelitian ini, penulis mencoba mengembangkan model knowledge management system sesuai dengan kondisi yang ada di MA Madinatunnajah pada Pondok Pesantren Madinatunnajah dengan menggunakan model SECI dalam pembentukan knowledge dan untuk analisa struktur dan desain aplikasi dengan Desain MVC. dan pengujian validasi dengan Focus Group Discussion (FGD) dan untuk pengujian Kualitas perangkat lunak dengan mengadopsi ISO 9126. Dari hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe knowledge management system yang dapat diaplikasikan di MA Madinatunnajah sebagai solusi dalam mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengujian dengan Focus Group Discussion (FGD) memiliki nilai tanggapan baik dan diterima, serta pengujian kualitas prototipe dengan mengadopsi ISO 9126 dapat disimpulkan bahwa persentasi kualitas prototipe perangkat lunak KMS dengan kategori baik.
Prototipe Aplikasi Web untuk Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Online Aso Sudiarjo
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.568

Abstract

Sistem informasi kepegawaian adalah sistem yang digunakan sebagai penyimpanan dan pengolahan data pegawai, untuk mendukung personel operasional. Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini semakin baik juga membuat distribusi yang lebih cepat informasinya. Akurasi, presisi, dan kecepatan merupakan faktor penting dalam pengolahan data. Data yang diolah secara terstruktur dan jelas dirancang untuk memudahkan kinerja manusia dalam mengorganisir data dengan baik. Data diolah dengan baik dan cepat akan menambah daya saing dan meningkatkan kualitas manusia atau instansi. Universitas Perjuangan merupakan salah satu instansi yang membutuhkan pengolahan data pegawai yang berhubungan dengan teknologi informasi. Universitas Perjuangan dalam hal ini membutuhkan suatu aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepada pegawainya diantarnya data cuti, penelitian ini dilakukan terlebih dahulu dengan cara referensi, interview, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu perototipe sistem informasi pengajuan cuti pegawai,. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh pegawai  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data
Pengembangan Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Mahasiswa Missi Hikmatyar; Yusuf Sumaryana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 1 No. 1 (2019): INDEX, November 2019
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v1i1.286

Abstract

Layanan bimbingan akademik maupun non akademik sangat penting untuk kemajuan pada tiap individu mahasiswa. Layanan bimbingan berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa dan peningkatan Indeks Prestasi mahasiswa. Universitas Perjuangan Tasikmalaya menyediakan layanan bimbingan bagi mahasiswa, namun berjalan tidak efektif. Perlu ada rekam jejak bimbingan mahasiswa agar perkembangan bisa terkontrol kearah yang lebih baik. Pengembangan sistem informasi layanan bimbingan merupakan solusi dari permasalahan yang terkait dengan bimbingan akademik bagi mahasiswa Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh dosen maupun mahasiswa dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data. Proses pengembangannya meliputi beberapa tahap yaitu pertama, analisis kebutuhan adalah melakukan analisa terhadap sistem yang sudah berjalan. Kedua, perancangan yaitu melakukan perancangan awal atau mendesain sistem yang akan dibuat. Ketiga, implementasi yaitu melakukan penerapan dengan melakukan coding terhadap desain yang telah dirancang. Keempat, pengujian yaitu melakukan pengujian dengan sudut pandang pengembang sistem dan user (dosen dan mahasiswa) untuk diuji kehandalannya. Kelima, maintanence yaitu melakukan pemeliharan atau pengembangan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan sistem.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tim Helpdesk UNBK Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Teuku Mufizar; Sarmidi Sarmidi; Mira Yuliani
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.449

Abstract

Tim Helpdesk UNBK memiliki peran penting sebagai pusat layanan penanganan apabila terjadi masalah bagi sekolah pada saat berlangsung UNBK. Penentuan Tim Helpdesk UNBK saat ini belum menggunakan aplikasi komputer dan proses penyeleksiannya masih bersifat subyektif yang memungkinkan ketidaktepatan dari calon yang terpilih. Maka dari itu dibangun sistem peyeleksian dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) yang menggunakan konsep perbandingan antara satu kriteria dengan kriteria lainnya. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah pengetahuan TIK, pengalaman proktor, sertifikat IT, komunikasi,disiplin, dan tanggung jawab. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rekomendasi calon tim helpdesk UNBK yang paling layak serta kompeten sesuai dengan yang dibutuhkan.  Dari 5 calon sebagai kandidat, terpilih 3 urutan teratas yang telah diuji melalui perhitungan manual dan dibandingkan dengan hasil dari aplikasi komputer menunjukkan hasil yang sama, yaitu Ude Sony Senjaya, Yayat Suhayat, dan M Imam.
Penerapan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Pada Data Kunjungan Perpustakaan Rifki Maulana Insan; Ruuhwan Ruuhwan; Randi Rizal
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 1 No. 1 (2019): INDEX, November 2019
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v1i1.281

Abstract

RFID (Radio Frequenscy Identification) merupakan sebuah teknologi compact wireless yang diunggulkan untuk mentranformasi dunia komersial. Telah banyak dikembangkan di dunia bisnis maupun keamanan dewasa ini sebagai suksesor dari barcode, RFID dapat melakukan control otomatis untuk banyak hal. Sistem-sistem RFID menawarkan peningkatan efisien dalam penggendalian inventory control dalam pengidentifikasian barang. Oleh karena itu terdapat manfaat yang besar untuk sebuah perpustakaan secara intensif mempercayakan pada sistem ini. Adopsi yang meluas dari RFID banyak memunculkan persoalan dalam peningkatan layanan khususnya layanan self-service dan mengurangi layanan contacless, jaminan keamanan buku di perpustakaan sehingga perpustakaan akan dapat mengoptimalkan sumber daya manusia di perpustakaan. Peneliti menerapkan teknologi RFID pada pengisian data kunjungan perpustakaan dengan menggabungkan teknologi RFID yang berfungsi sebagai penghubung antara RFID reader dengan pembacaan database berbasis arduino.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan dengan Metode Fuzzy-SAW Berbasis Web (Studi Kasus PT. Bunga Raya) Muhammad Sahdan; Muhammad Innuddin; Mokhammad Nurkholis Abdillah
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.586

Abstract

Penentukan bonus karyawan pada PT Bunga Raya berdasarkan atas dasar absensi,gaji,kerjasama,kedisiplinandanjumlahlembur.Masalahyangdihadapi adalah kurangnya transparansi dalam penentuan bonus karyawan, sehingga berdampak pada hubungan keharmonisan karyawan dalam bekerja, sehingga diperlukan sebuah sistem yang baru yang dapat mendukung dan mempermudah dalam proses perangkingan untuk meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan bonuskaryawan.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem yang mampu membantu bagian administrasi dalam mempercepat dan mempermudah proses perangkingan bonus karyawan. Sistem yang dimaksud adalah sistem pendukung keputusan (SPK). SPK adalah Sistem yang mampu memberikan rekomendasi dalam memutuskan suatu kasus tertentu. SPK yang dikembangkan menggunakan metode fuzzy dan simple additive weighting (SAW) atau dikenal dengan fuzzy SAW. Fuzzy digunakan untuk proses pembobotan nilai dari tiap kriteria dan SAW di gunakan untuk mencari nilai alternatif terbaik dalam berbabgai alternatif berdasarkan kriteria yang ditentukan.Padapeneltian(Salehetal.,2014)studikasusmengambiltempatdiCV.Asia Exotica Medan . Penentuan kulit ular untuk kerajinan tangan masih dilakukan secara manual dan susahnya untuk menentukan kualitas kulit ular yang digunakan untuk kerajinan tangan sama menggunakan metode Fuzzy SAW. namun acuan kriteria yang digunakan adalah 3 kriteria dalam penentuan kualitas kulitular.Hasil pengujian fungsional yang dilakukan pada beberapa browser (Chrome, Firefox, dan Internet Explorer) menunjukan bahwa semua fungsi yang terdapat dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hasil pengujian validasi dilakukan dengan membandingkan output sistem dengan perhitungan manual dan hasilnya memiliki tingkat validasi sebesar 100%. Hasil pengujian sistem secara user dilakukan dengan membagi kuisioner kepada 7 admin dan menunjukan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki tingkat kepuasan sebesar 77%.
Penerapan Model Spiral Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Dinar Makmur Cikarang) Sri Wahyuni; Nur Cahyani
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.425

Abstract

Perkembangan era industri 4.0 menuntut setiap instansi agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam segala bidang. Salah satunya adalah pemanfaatan web dalam proses bisnis. PT Dinar Makmur Cikarang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi barang jenis styroform. Dalam penjadwalan produksi masih dilakukan dengan cara manual yang memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya. Selain itu juga dalam pendistribusian jadwal yang sudah jadi terhadap pihak-pihak terkait. Dalam penelitian ini akan dikembangkan system informasi penjadwalan berbasis web menggunakan metode spiral. Berbasis web bertujuan agar mudah diakses dari beberapa tempat yang berbeda. Menggunakan model spiral dikarenakan pengembangan sistem menggunakan model ini mudah dikembangkan dan memerlukan waktu lebih singkat dibanding model lain. Sistem diuji coba dengan black box testing dan melaksankan Forum Group Discussion dengan dihadiri para pihak terkait dengan penjadwalan proses produksi. Dari FGD yang dilakukan menghasilkan bahwa sistem yang dihasilkan dapat diterima. Dapat diartikan bahwa sistem ini sesuai dengan kebutuhan yang ada di bagian penjadwalan produksi PT Dinar Makmur Cikarang.
Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Menggunakan Metode Min-Max Untuk Pengendalian Stok Bahan Baku Pada CV. Bidara Karya Gemilang Hadi Apryana; Tacbir Pudjiantoro Hendro; Asep Id Hadiana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.444

Abstract

CV.Bidara Karya Gemilang adalah perusahaan bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi  pakaian jadi untuk dijual dan menerima order pesanan dalam pembuatan baju dalam partai besar ataupun kecil. Dalam pengelolaan bahan baku yang terjadi mengalami perbedaan antara pembukuan dengan bahan baku yang ada di lapangan sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya proses produksi terhadap order pesanan, serta bertambahnya beban proses produksi yang tinggi menyebabkan kesulitan dalam mengontrol proses produksi yang sedang berjalan karena setiap divisi sering telambat dalam memberikan informasi. Dengan menggunkan konsep Supply Chain Management diharapkan dapat Mengolah data order pesanan, memberikan informasi bahan-baku yang akurat, dan perencanaan produksi yang tepat, dengan memanfaatkan 2 tahapan scm yaitu midstream dan downstream. Metode Min-Max juga diharapkan dapat membantu untuk mengetahui batas maximum dan minimum bahan baku produksi dengan melakukan perhitungan pada periode tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan ini yakni waterfall untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berkualitas. Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat memberikan informasi seputar order pesanan, batas maximum dan minimum bahan baku, penjadwalan produksi , dan laporan produksi yang berupa hasil produksi.
Perancangan Aplikasi Sistem Monitoring Donor Darah Pada UTD PMI Kabupaten Tasikmalaya Menggunakan Model Waterfall Yusuf Sumaryana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 1 No. 1 (2019): INDEX, November 2019
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v1i1.283

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.Adanya sistem komputer sangat membantu dalam pemecahan masalah terutama dalam hal pengolahan data. Donor darah merupakan kegiatan yang dikelola oleh Lembaga bernama Palang Merah indonesia (PMI). dalam pelaksanaan pengolahan data berbagai hal bisa terjadi. Berbagai kesalahan sangat mungkin dilakukan oeh petugas, misalnya data yang sebagian besar berupa lembaran-lembaran catatan bisa saja rusak sebelum digunakan. Maka dalam hal ini diperlukan sebuah mekanisme yang bisa mencegah terjadinya kejadian-kejadian yang akan menghambat proses monitoring.Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membangun sebuah sistem monitoring donor darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kab Tasikmalaya berbentuk aplikasi komputer. penelitian ini menggunakan model waterfall dalam penyusunannya. hasil dari penelitian ini berupa perancangan aplikasi monitoring donor darah PMI.

Page 1 of 4 | Total Record : 32