Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 4 (2019): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Pengembangan PAUD Inklusi melalui Model Pendidikan Anti Kekerasan (Bulliying) di TK Masyitoh Kroya

Hermawan, Risdianto (Unknown)
Aerin, Wafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Pendidikan anti kekerasan pada dasarnya pendidikan yang berusaha mengatasi permasalahanpermasalahan yang sering terjadi di lembaga pendidikan. Dengan adanya pendidikan anti kekerasan, maka anak didik akan memperoleh jaminan perlindungan baik dari kekerasan fisik maupun psikis, bagi anak didik normal maupun berkebutuhan khusus. Salah satu lembaga yang menerapkan pendidikan anti kekerasan adalah di TK Masyitoh roya. TK Masyitoh Kroya menerapkan model pendidikan anti kekerasan melalui dua upaya, yakni (1) upaya pencegahan yang dilakukan setiap harinya sebelum dan selama proses pembelajaran, dan (2) upaya penanggulangan tindak kekerasan yang dilakukan apabila terjadi tindak kekerasan baik fisik atau pun psikis. Dengan dua upaya ini, peserta didik yang berkebutuhan khusus akan terjamin keamanan dan kenyamanannya dalam pembelajaran, terutama dari ejekan dan bulliyan. Penerapan model pendidikan anti kekerasan ini secara tidak langsung mendorong lembaga pendidikan inklusi. Model pendidikan anti kekerasanmenjamin pemerolehan hak yang sama untuk belajar dan mendapat jaminan keamanan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...