geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol 1 No 2 (2020)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Tour Builder Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kaliorang (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)

Kusnayati kusnayati (Unknown)
Laili Komariyah (Pendidikan Geografi FKIP Universitas Mulawarman)
Yulian Widya Saputra (Pendidikan Geografi FKIP Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan media pembelajaran tour builder dapat membantu merealisasikan objek geografi dalam kelas dan lebih mudah dipahami. Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran PjBL menggunakan tour builder di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kaliorang dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan time series, tes dilakukan setiap pertemuan. Instrumen untuk mengambil respon adalah angket dengan analisis statistik deskriptif persentase dan intrumen untuk hasil belajar adalah post tes dengan analisis yang digunakan adalah N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan tour builder cukup baik dengan kriteria indeks respon sebesar 73% dan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setiap pertemuan sebesar 0,45 g berdasarkan indeks gain. Hendaknya pendidik menjadikan model pembelajaran PjBL menggunakan tour builder sebagai alternatif untuk diterapkan di kelas pada materi tertentu, guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...