Lakar: Jurnal Arsitektur
Vol 3, No 01 (2020): Lakar : Jurnal Arsitektur

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TEKNIK

Ukti Lutvaidah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika teknik yang diajar menggunakan metode pembelajaran discovery dan metode pembelajaran inquiri pada mahasiswa semester 1 Prodi Arsitektur Universitas Indraprasta PGRI tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 dan sampelnya yaitu mahasiswa R1A dan mahasiswa R1D dengan jumlah 56 mahasiswa yang diambil secara random. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen. Untuk memperoleh data tentang populasi dan sampel peneliti menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa soal essay yang berjumlah 7 soal. sebelum instrumen diberikan kepada responden penelitian, maka instrumen diujicobakan terlebih dahulu dengan menguji validitas dan reliabilitas yang menggunakan korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas dan Levene Test untuk menguji homogenitas. Uji Hipotesis menggunaka uji-t diperoleh thitung adalah 0,866 dan ttabel = 1,674. Hasil penelitian menunjukan  maka Ho diterima dan menolak Ha yang menayatakan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematika peserta didik yang metode pembelajaran discovery dengan metode pembelajaran inquiri pada mahasiswa semester 1 Universitas Indraprasta tahun ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lakar

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Lakar: Journal of Architecture is a journal covering articles in the fields of architecture, building, interior design, and environment. Lakar: The Architecture Journal is published regularly, namely 2 (two) times a year, namely in March and September. Editors receive scientific papers about ...