Tunas Nusantara
Vol 2, No 2 (2020)

EFEKTIVITAS MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA LAGU RUMUS MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wulan Sutriyani (universitas islam nahdlatul ulama jepara)
Herwin Widyatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media lagu rumus matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dan untuk menguji perbedaan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning media lagu rumus matematika pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research).Sempel penelitian ada 30 siswa yaitu, 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol.Dari uji t yang telah dilakukan pada hasil belajar matematika, dapat diketahui bahwa hasil kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. T hitungĀ  3,469> T tabel 2,145 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga, ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PBL dengan model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SD N Tahunan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtn

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results ...