Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 3, No 1 (2020)

Pengaruh penggunaan sudoku games terhadap penguasaan katakana siswa kelas Xl sma negeri 7 padang

Rusti, Adella (Unknown)
Yani, Damai (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala siswa dalam menghafal huruf katakana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sudoku games terhadap penguasaan katakana siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Padang dengan program lintas peminatan bahasa Jepang sebanyak 67 siswa, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen tes tertulis berupa objektif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sudoku games pengaruh dalam pembelajaran katakana siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Padang signifikan 0,05. Hal tersebut terlihat dari Fhitung < Ftabel (1,64 < 1,84).Kata kunci: Sudoku games,penguasaan katakana

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...