Physical Activity Journal (PAJU)
Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola

Wildan Qohhar (STKIP Situs Banten)
Deni Pazriansyah (STKIP Situs Banten)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Teaching Games for Understanding (TGFU) merupakan model pembelajaran yang menekankan taktik pemainan untuk dapat dimengerti sebagai pengenalan pertama, siswa harus mengetahui kenapa dan kapan keterampilan itu diperlukan dalam konteks permainan, pelaksanaan teknis dalam keterampilan, khususnya pada teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen yang dilaksanakan selama 16 pertemuan yang dilaksanakan 3 kali seminggu, jadi penelitian dilakukan kurang lebih selama 6 minggu.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes teknik dasar sepakbola yang terdiri dari passing, dribbling dan shooting. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMA 3 kota Serang Banten dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji Two Related Sample tests pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikansi pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian model pembelajaran TGFU terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paju

Publisher

Subject

Education

Description

Physical Activity Journal biannually publishes research on various aspects of the physical education, sports and exercise sciences, biomechanics, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, as well as coaching and talent identification. The Journal focuses on the human ...