cover
Contact Name
Toto Subroto
Contact Email
toto.subroto62@upi.edu
Phone
+6285293345992
Journal Mail Official
toto.subroto62@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Physical Activity Journal (PAJU)
Core Subject : Education,
Physical Activity Journal biannually publishes research on various aspects of the physical education, sports and exercise sciences, biomechanics, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, as well as coaching and talent identification. The Journal focuses on the human sciences including responses to technologies such as the design of sports equipment and training facilities, Sports Education, Sports Training, Sports Tourism, and Traditional Sports, athlete selection and recruitment, performance analysis or modification, and stress reduction. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the aforementioned topics.
Articles 153 Documents
Pengaruh Umpan Balik Dan Motivasi Terhadap Shooting Dalam Permainan Sepakbola Deni Pazriansyah; Wildan Qohhar
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.485 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2019.1.1.2004

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh informasi dari pengaruh umpan balik dan motivasi terhadap teknik shooting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini adalah dilakukan metode eksperimen dengan design factorial by level 2 x 2, pengujian analisis hipotesis penelitian ini dengan sample 56 siswa dengan menggunakan random sampling. Penelitian ini ada 3 aspek yg di fokuskan, umpan balik dan informasi untuk itu kemampuan dari teknik shooting dalam permainan sepakbola. Dari data kuisioner dapat di analisis dengan anava 2 jalur, dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan : 1) Terdapat perbedaan kemampuan shooting sepakbola antara siswa yang berlatih dengan menggunakan umpan balik secara langsung dengan umpan balik tertunda, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara umpan balik langsung dan motivasi belajar terhadap kemampuan shooting sepakbola, 3) Terdapat perbedaan kemampuan shooting sepakbola siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan pembelajaran yang menerapkan umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan umpan balik tertunda, 4) Terdapat Perbedaan kemampuan shooting sepakbola siswa yang memiliki motivasi rendah dengan pembelajaran yang menerapkan umpan balik langsung lebih tinggi dibandingkan umpan balik tertunda.
Rancangan Alat Bantu Latihan Footwork Bulutangkis Berbasis Teknologi Microcontroller Ngadiman Ngadiman; Indra Jati Kusuma; Aziz Wishnu Widhi Nugraha
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.592 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2019.1.1.2030

Abstract

Artikel ini telah di tarik/dibatalkan atas persetujuan dan sepengetahuan penulis, dengan alasan bahwa artikel telah terbit di jurnal lain pada tahun 2011
Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card Perwasitan Bola Basket Tantie Rafni Permatasari; Ayu Rizky Febriani; Ajeng Dian Purnamasari; Indra Jati Kusuma; Rifqi Festiawan
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 2 No 1 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.316 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2020.2.1.2691

Abstract

Smart Card merupakan media pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam ranah pembelajaran. Smart Card sendiri dapat meningkatkan rasa keingin tahuan mahasiswa dengan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Produk Smart Card ini akan membantu mahasiswa untuk mengerti dan memahami terkati dengan perwasitan bola basket. Metode menggunakan jenis Penelitian Research and Development (R&D), yang dilakukan dengan 10 langkah diantaranya: 1. Potensi dan masalah, 2. Pengumpulan data, 3. Desain produk, 4. Validasi desain, 5. Revisi desain, 6. Uji coba produk, 7. Revisi produk, 8. Uji coba pemakaian, 9. Revisi produk, dan 10. Produksi masal. Penelitian ini diuji cobakan pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner pernyataan dengan menggunakan skala likert. Kemudian skor yang diperoleh diolah dan dikonversikan ke dalam kriteria penilaian produk. Hasil Penelitian menunjukan Smart Card Perwasitan Bola Basket sebagai media pembelajaran bola basket memperoleh nilai tingkat kelayakan sebesar 82,61% atau dikategorikan sangat layak, dari pada itu dapat disimpulkan bahwa Smart Card Perwasitan Bola Basket dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani UNSOED. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Smart Card Perwasitan Bola Basket dapat diterapkan menjadi media belajar mahasiswa Pendidikan Jasmani UNSOED.
Analisis Tingkat Daya Tahan Aerobik Pada Atlet Futsal Putri AFKAB Indramayu Yudhi Kharisma; M. Zakky Mubarok
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.885 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2020.1.2.2349

Abstract

Tujuan penelitian ini hendak mengkaji mengenai tingkat kondisi fisik pada atlet futsal putri AFKAB Indramayu tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran, sehingga memberikan gambaran mengenai apa yang akan diteliti berupa angka-angka dan diukur secara pasti. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah atlet futsal puteri AFKAB Indramayu yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kondisi fisik yakni tes multistage fitness atau tes lari multi tahap mengacu pada tes pengukuran Ismaryati (2008 : 86). Berdasarkan data penelitian futsal puteri AFKAB Indramayu yang berjumlah 20 atlet dengan menggunakan Tes Multi Tahap dari Ismaryati (2008 : 87). Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata sebesar 30.94 dan Standar Deviasi ( simpangan baku ) sebesar 5.28. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa tingkat kondisi fisik dengan menggunakan Tes Multi Tahap masuk kategori sangat baik sebanyak 0 atlet, 1 atlet masuk kategori baik, 6 atlet kategori sedang, 11 atlet masuk kategori kurang dan sisanya 2 atlet masuk kategori sangat kurang. Prosentase tersebut terdapat 10% kategori sangat kurang, 55% kurang, 30% sedang, 5% baik dan 0% sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa tingkat Kondisi fisik futsal puteri AFKAB Indramayu dalam kategori Kurang
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola Wildan Qohhar; Deni Pazriansyah
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.646 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Abstract

Teaching Games for Understanding (TGFU) merupakan model pembelajaran yang menekankan taktik pemainan untuk dapat dimengerti sebagai pengenalan pertama, siswa harus mengetahui kenapa dan kapan keterampilan itu diperlukan dalam konteks permainan, pelaksanaan teknis dalam keterampilan, khususnya pada teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen yang dilaksanakan selama 16 pertemuan yang dilaksanakan 3 kali seminggu, jadi penelitian dilakukan kurang lebih selama 6 minggu.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes teknik dasar sepakbola yang terdiri dari passing, dribbling dan shooting. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMA 3 kota Serang Banten dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji Two Related Sample tests pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena signifikansi pada data pre-test dan post-test pada kelompok yang menggunakan pembelajaran TGFU < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian model pembelajaran TGFU terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola.
Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani Dedi Kurnia; Rama Adha Septiana
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 2 No 1 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.337 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2020.2.1.3302

Abstract

Pemanasan merupakan aktivitas penting sebelum melakukan pembelajaran inti dalam pembelajaran penjas. Namun, ketika melakukan pemanasan masih banyak siswa yang melakukannya dengan seadanya dan kadang ada yang tidak mengikutinya dengan alasan bosan dengan gerakannya. Adanya modifikasi pemanasan dengan permainan kecil perlu dilakukan agar siswa berminat untuk mengikuti pembelajaran penjas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi sebanyak 128 kelas VIII SMPN 1 Sucinaraja, Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 38 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat yang sudah diuji validitas dan reliabilitany dengan p=0.88. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani yang ditunjukan dengan uji signifikansi dengan uji T dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa T tabel dengan dk (n-2) = 36 yaitu 1,688 lebih kecil dari T hitung sebesar 434,934 ( 1,688 < 434,934). Modifikasi permainan kecil sebagai pemanasan harus tetap dilakukan dan diperbaharui untuk menjaga minat siswa ketika belajar penjas.
Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Loncat Katak Pada Siswa Sekolah Dasar Ibnu Sina; Endri Pelariyanto
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 2 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.04 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2020.1.2.2471

Abstract

Pembelajaran atletik di Sekolah Dasar memiliki bentuk berbeda dengan pola pembelajaran di SMP maupun SMA. Di Sekolah Dasar, atletik diajarkan dalam bentuk permainan Kids Athletic yang terdiri dari berbagai gerakan berlari, melempar dan meloncat. Materi meloncat diajarkan dalam bentuk Loncat Katak melalui berbagai metode pengajaran maupun metode latihan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh latihan loncat tali terhadap hasil loncat katak pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian mengunakan metode quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas V, sedangkan sampel yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas VB dengan jumlah 18 siswa putra dan 21 siswa putri total sampel yaitu 39 siswa, teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes Standing Board Jump (Nurhasan and Cholil 2014) dengan validitas 0,607 dan reliabilitas 0,963. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncat katak siswa kelas V B SD Negeri Simpang Tiga dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 6.66% sedangkan 93.34% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu salah satu metode latihan atau pembelajaran yang dapat digunakan bagi siswa Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil loncat katak (standing broad Jump) yaitu metode latihan skipping.
Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SMAN 1 Cikembar Moch. Latif; Faiz Faozi; Rafdlal Saeful Bakhri; Farid Harja; Arfin Deri Listiandi
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.482 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2019.1.1.2005

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Cikembar, Kab. Sukabumi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental (one group pretes-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Cikembar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes angket. Teknik analisis data menggunakan paired sample t test dengan α < 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Negeri 1 Cikembar.
Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas Topo Suhartoyo; Didik Rilastiyo Budi; Moh. Nanang Himawan Kusuma; Muhamad Syafei; Arfin Deri Listiandi; Rohman Hidayat
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 1 No 1 (2019): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.303 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2019.1.1.1995

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu faktor penting bagi siswa untuk dapat melakukan bebagai aktivitas fisik dan olahraga, selain itu kebugaran jasmani yang baik juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan prestasi siswa, baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Tujuan penelitian untuk mengetahui profil kebugaran jasmani siswa SMP di dataran tinggi Kabupaten Banyumas, khususnya di daerah Kedungbanteng dan Baturraden. Metode penelitian studi deskriptif ex-postfacto. Instrumen penelitian menggunakan Multilevel Fitnes Test (MFT) untuk mengukur kebugaran jasmani. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa putra SMP di daerah Kedungbanteng dan Baturraden masih banyak yang berada di tingkat kebugaran cukup dan kurang dengan jumlah 45 anak atau sebesar 90%, sedangkan tingkat kebugaran jasmani siswa putri menunjukan hasil 48 siswa atau 98% berada dikategori kebugaran jasmani cukup dan kurang. Kesimpulan penelitian ini siswa SMP di dataran tinggi memiliki tingkat kebugaran yang kurang, sehingga perlu adanya program khusus yang memicu siswa SMP untuk melakukan berbagai aktifitas fisik dan olahraga.
Pengembangan Komponen Tes Kondisi Fisik Berbasis Android Pandu Kresnapati; Danang Aji Setyawan; Setiyawan Setiyawan
Physical Activity Journal (PAJU) Vol 2 No 1 (2020): Physical Activity Journal (PAJU)
Publisher : Department of Physical Education, Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.992 KB) | DOI: 10.20884/1.paju.2020.2.1.3166

Abstract

Kemajuan teknologi, khususnya bidang smartphone android sedang berkembang pesat khususnya di Indonesia. Mengembangkan dan membuat penilaian tes kondisi fisik, serta membuat media yang layak digunakan untuk tes kondisi fisik berbasis android dapat menjadi sebuah solusi. Kelebihan aplikasi ini adalah terdapat petunjuk prosedur pelaksanaan 10 tes kondisi fisik, serta dapat mengetahui norma tes masing–masing yang dapat dengan mudah diakses oleh pelatih, guru, atlet, siswa ataupun orang tua siswa, melalui aplikasi dengan nama Tes Kondisi Fisik Olahraga. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian Research & Development dengan melibatkan 1 ahli media dan 1 ahli bidang materi. Hasil penelitian pengembangan instrumen norma tes kondisi fisik berbasis android dengan model aplikasi android. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil untuk 16 atlet Futsal Kota Semarang yang kemudian diberikan jenis tes kondisi fisik. Dari 16 responden, terdapat 14 orang menyatakan sangat layak/sangat baik dengan persentase 93%, sedangkan 2 menyatakan layak/baik dengan persentase 7%. Berdasarkan hasil uji coba skala besar untuk 21 atlet Futsal Jawa Tengah. Dari 21 orang responden, terdapat 18 orang menyatakan sangat layak/sangat baik dengan persentase 92,16%, 3 responden menyatakan layak/baik dengan persentase 7,84%. Hasil dari pengembangan menggunakan model aplikasi berbasis android dinyatakan layak untuk diuji coba secara umum. Penggunaan aplikasi berbasis android dapat membantu pelatih atau guru untuk dapat lebih efisien dalam mengetahui norma dan nilai tes kondisi fisik secara digital.

Page 1 of 16 | Total Record : 153