Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Matematika SMA dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan disposisi matematik siswa. Prosedur pengembangan bahan ajar meliputi tahap pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sebesar 63,8% dan berada pada kriteria sedang. Disposisi matematika siswa berada pada kritria sedang dengan nilai rata-rata 63,81.
Copyrights © 2017