Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA

Vepi Apiati (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Matematika SMA dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan disposisi matematik siswa. Prosedur pengembangan bahan ajar meliputi tahap pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Bahan ajar disusun berdasarkan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam materi matriks. Isi bahan ajar meliputi ilustrasi masalah yang disertai dengan gambar, pertanyaan yang bisa membimbing siswa untuk memahami definisi setiap indicator, dan soal yang melatih pemahaman siswa yang sudah terbentuk. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sebesar 63,8% dan berada pada kriteria sedang. Disposisi matematika siswa berada pada kritria sedang dengan nilai rata-rata 63,81.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...