cover
Contact Name
Samuel Agus Triyanto
Contact Email
samuel.agus@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jspendidikan@unsil.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115 email: jspendidikan@unsil.ac.id
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24769312     EISSN : 26145790     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di antaranya meliputi: Teori dan Praktek Pembelajaran; Kajian Pembelajaran; Penggunaan TIK dalam Pendidikan; Teknologi Interaktif Pembelajaran Sinkron dan Asinkron; Gaya Belajar; Objek Pembelajaran; Sistem Manajemen Pembelajaran; Asesmen Pembelajaran; dan Aspek Psikologis untuk berbagai faktor yang berkaitan dengan Pendidikan.
Articles 100 Documents
STUDI COMPARATIF ANTARA MODEL EKSPOSITORY LEARNING DAN COOPERATIF LEARNING DALAM PERKULIAHAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Setya Wahyuningsih; Tetty Fatimah Tsuroya
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v4i2.414

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiwa dalam pekuliahan perkembangan peserta didik dengan strategi pembelajaran expository learning, hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliahnya perkembangan peserta didik dengan model pembelajaran cooperative learning, hasil belajar mana yang lebih bagus antara pembelajaran dengan expository learning atau dengan cooperative learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016 yang mengikutiperkuliahan perkembangan peserta didik sebanyak 4 kelas. Penelitian mengambil 75 orang mahasiswa untuk dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah osal Ujian Tengah Semester dan soal Ujian akhir semester. Analisis data menggunakan T test.  
ASSESSMENT OF PROJECT-BASED LEARNING IN SCIENCE CLASS Noni Agustina
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v2i2.95

Abstract

This study reports the students’ assessment through applying the project-based learning in science class for elementary school. The research methodology applied is case study with qualitative approach. The participants of this study are teacher and students of grade 1 and 5 at Budi Luhur elementary school. The instruments to collect data are classroom observation sheets, interviews and rubric of project-based assessment for science class. The result shows that project-based learning is conducted in semester 2 as the substitution of written mid-term test. It is non-test because project-based learning emphasizes on the authentic learning, therefore it is applicable and meaningful for the students. The steps undertaken in project-based learning consist of planning, implementation and evaluation. The assessment of project-based learning uses analytical rubric comprising four scales, 4 (excellent), 3 (good), 2 (fair), dan 1 (poor). To conclude, the project-based learning makes the students glad and enthusiastic. It also encourages the students to have higher cognitive thinking (synthesizing level in Bloom’s taxonomy) and build students’ character.Kata Kunci : assessment, project-based learning, rubric.
Upaya Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi melalui Pemanfaatan Situ Rancabala di Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Martina, Gina
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v6i1.756

Abstract

This study has a background that Situ Rancabala is used by farmers in Cimari Village as fulfillment of irrigation water needs. So that water can cover the entire area of rice fields every year. This study examined the description of the physical conditions of Situ Rancabala and the use of Situ Rancabala to meet irrigation water needs. Cimari village has five hamlets namely Jalatrang Hamlet, Wetan Hamlet, Sukasari Hamlet, Kulon Hamlet, and Ranji Hamlet. The activities of the community in Cimari Village, which have a livelihood as farmers, mostly manage rice fields belonging to the village government or kalungguhan. The main problems in this study are: (1) What is the description of Situ Rancabala's physical condition in Cimari Village, Cikoneng District, Ciamis Regency? (2) What is the use of Situ Rancabala for irrigation in Cimari Village, Cikoneng District, Ciamis Regency ?. The method that I use in this study is a descriptive method with a quantitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews, literature studies, documentation. The population used was 111 people and a sample of 50 people was taken. The results showed that efforts to meet irrigation water needs through the use of Situ Rancabala in Cimari Village, Cikoneng Subdistrict, Ciamis Regency can be seen from the physical condition of Situ Rancabala starting from the Situ Rancabala area, Situ Rancabala depth, water volume, water rate, water level, and source water. Besides that, it can be seen from the use of Situ Rancabala as a source of irrigation and the water needs needed for rice from seedling planting, paddy processing, fertilization, pest control, irrigation, post-harvest until the marketing of products in Cimari Village, Cikoneng District, Ciamis Regency.
CONTRASTIVE ANALYSIS OF USING NOUN PHRASE IN ENGLISH AND INDONESIAN LANGUAGE Soni Tantan Tandiana
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v1i1.19

Abstract

The aim of this research is to find out the use of Noun Phrase (NP) in English and Indonesian language, and the similarity as well as the differences in constructing the elements used. This research was conducted based on the fact that the students in university level frequently make some interlingual errors that is the error done by adopting the grammatical pattern of mother tongue (L1) into the target language (L2) particularly in translating NP from English into Indonesian.Research method uses content analyses.  Research data are analyzed by using contrastive analysis technique. The research data resource is taken from scientific text about medical science entitled ‘Coronary Heart Disease’ and the result of its translation.The result of the research shows that there are a lot of similarities of NP usage in English and Indonesian. Such as: NP is constructed by the same elements, those are: head, determiner, modifier and prepositional phrase. The pattern of NP with pre-modifier quantitative adjective has the same form. There is the similarity of NP using prepositional phrase whether it is placed as pre- prepositional phrase or as post- prepositional phrase. The differences, in English, NP is commonly expanded to the fore side of the head; on the other hand, in Indonesian language, it is expanded to the back side of the head.
PENGGUNAAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK Titin Avyani; Epon Nur'aeni L; Oyon Haki Pranata
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v4i1.444

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok di kelas V SD Negeri 4 Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis yang tergolong masih rendah. Dalam hal ini, diperlukan strategi/model pembelajaran yang relevan dengan masalah tersebut yaitu dengan menggunakan teori Van Hiele. Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana RPP, pelaksanaan pembelajaran, serta hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan teori Van Hiele di kelas V SD Negeri 4 Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui pengganaan teori Van Hiele , hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan dalam hasil belajar pada siklus I mencapai 38,09%, pada siklus II mencapai 80,95%, dan pada siklus III mencapai 95,23%.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Penelitian Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran) Rendra Gumilar
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v5i1.943

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C yang berjumlah 48 mahasiswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket.Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas Kompetensi Pedagogik   beserta variabel terikat Hasil Belajar. Uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil penelitian dengan uji t yang pertama diperoleh = 4,691  = 1,9179. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar. Serta hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,262. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik  secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 26,2% dan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik  terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evaluasi pembelajaran
Mengembangkan Model Latihan Service Atas Bola Voli Tri Sutresna Maliki
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v3i2.275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model latihan servis atas bolavoli bagi siswa SMA dan memperoleh data empiris tentang efektivitas hasil pengembangan model servis atas bolavoli untuk siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Efektivitas penerapan item model latihan service atas bola voli pada siswa SMA ini digunakan teknik “uji-t”.  Uji signifikansi perbedaan menggunakan SPSS 20 menunjukkan thitung sebesar |-7,197| dengan tingkat probabilitas kesalahannya sebesar 0.000. Sedangkan nilai ttabel pada signifikansi α=0,05 dan derajat kebebasan df=59 diperoleh nilai sebesar 2,0010 . Sehingga, nilai thitung sebesar |-7,197| ttabel sebesar 2,0010 dan probabilitas kesalahannya menunjukkan angka sebesar 0,000 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah adanya model pembelajaran servis atas bola voli pada siswa SMA. Hasil tersebut menyatakan bahwa mengembangkan model latihan servis atas bola voli dengan pendekatan bermain untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) efektif untuk meningkatkan kemampuan servis bola voli.
PERANAN TENTARA PELAJAR DETASEMEN IV DALAM MENGHADAPI PENGHADANGAN GEROMBOLAN DI/TII DI Atep Nurjaman
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v4i2.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan,. 1.Untuk mengetahui yang mendorong gerombolan DI/TII melakukan  Penghadangan. 2.Untuk mengetahui peran tentara pelajar detasemen 4 menghadapi penghadangan gerombolan DI/TII. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu dengan melalui langkah-langkah heuristik, kritik sumber, interpretasi dan penulisan sejarah atau historiografi. Sumber  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  berupa  sumber  primer  dan  sumber  sekunder.  Teknik  pengumpulan  data dilakukan  dengan  studi  pustaka.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah teknik analisis historis, dengan melakukan kritik ekstern dan intern. Hasil penelitian menunjukkan sikap pemusuhan Gerombolan DI/TII terhadap Tentara Pelajar Siliwangi sudah diperlihatkan sejak Divisi Siliwangi kembali ke Jawa Barat. Mereka menuduh bahwa pasukan Siliwangi tiada lain adalah tentara liar yang harus di lucuti dan dimusnahkan. Lebih-lebih setelah pihak tentara melakukan operasional di daerah Bongas-Sukakarsa dan berhasil menangkap 6 anggota DI/TII, pihak Gerombolan DI/TII langsung mengerahkan pasukan ang begitu besar untuk melaksanakan penyerangan, pengepungan, dan penghadangan terhadap Tentara Pelajar Siliwangi di Daerah tersebut. Sengitnya pertempuran yang terjadi dan memakan waktu yang begitu lama walaupun pihak tentara Pelajar Siliwangi berhasil melumpuhkan sebagian musuh-musuhnya, namun karena pihak Gerombolan memiliki kekuatan yang jauh lebih banyak akhirnya pihak Tentara Pelajar Siliwangi merasa kewalahan  dan kehabisan peluru sebagai salah satu kekuatannya.Aksi Penghadangan yang dilakukan Gerombolan DI/TII terhadapTentara Pelajar Siliwangi di Bongas-Sukakarsa terjadi pada tanggal 19 Februari 1949. Akibatnya dari peristiwa itu, telah gugur 15 anggota Tentara Pelajar Siliwangi Bridge XVII Detesemen IV yang di bunuh satu persatu oleh pihak gerombolan. Setelah melakukan pembunuhan tersebut Gerombolan DI/TII pun menghilang ditelan gelapnya malam dengan meninggalkan Jenazah para tentara yang bergelimpangan dan bersimbah darah.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK BOLA (Eksperimen Pada Siswa Kelas Xi SMKN 2 Tasikmalaya Yang Aktif Dalam Ekstrkulikuler Sepak Bola) Budi Indrawan; Deni Setiawan; Defri Mulyana
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v3i1.188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil belajar Keterampilan Bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental : Pre-test and Post-test design, dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test untuk melihat perbedaan dan pengaruh pendekatan taktis dan pendekatan tradisional. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 2 Tasikmalaya yang aktif mengikuti kegiatan ektrakulikuler sepakbola sebanyak 30  orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan  dari Model Problem Based Learning terhadap Motivasi belajar  dengan  nilai probabilitas (sig.) 0,001 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan bermain sepakbola dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,002 0,05.Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi belajar dan Hasil Belajar Keterampilan Bermain Sepakbola
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI MATEMATIS MAHASISWA Eva Mulyani; Ike Natalliasari
Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan
Publisher : LP2M-PMP Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jspendidikan.v2i2.91

Abstract

Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Software Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantaun Media Software Maple terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dan mengetahui kepercayaan diri mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantaun Media Software Maple. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi angkatan 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kalkulus 2 sebanyak dua kelas. Kelas yang pertama dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Software Maple dan kelas yang kedua dijadikan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) tanpa media Software Maple. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dan angket kepercayaan diri mahasiswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran koperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media software maple terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Kepercayaan diri mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media software maple termasuk ke dalam kategori tinggi.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps), Software Maple,, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, dan Kepercayaan Diri

Page 1 of 10 | Total Record : 100