Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran komoditas jagung di Kabupaten Sumbawa. Penelitian dilaksanakan di Lahan kering kecamatan Labangka dan lahan sawah Kecamatan Utan yang merupakan sentra produksi jagung di Kabupaten Sumbawa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Random Sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis efisiensi pemasaran diuji dengan melihat saluran pemasaran dan analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian terdapat dua saluran utama pemasaran jagung di Kabupaten Sumbawa, yaitu saluran I: petani – pedagang pengumpul desa/kecamatan – pedagang pengumpul antar kabupaten/kota – konsumen (pabrik pakan ternak), dan saluran pemasaran yang ke II: petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengumpul antar kabupaten/kota –konsumen (pabrik pakan ternak). Pemasaran komoditas jagung di Kabupaten Sumbawa sudah berjalan efisien. Hal ini dilihat dari saluran pemasaran, margin dan fasilitas fisik pemasaran menunjukkan bahwa pemasaran jagung di Kabupaten Sumbawa dapat dikatakan cukup efisien.
Copyrights © 2018