Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 1 (2020): October edition

KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH TAWANG REJO

Eka Putri Rahayu (STKIP NURUL HUDA)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Kebiasaan membaca menjadi salah satu fakor penting dalam memahami isi bacaan. Peserta didik yang memiliki kebiasaan membaca maka ia memiliki kemampuan memahami isi bacaan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman dalam membaca, kurangnya minat membaca, kurangnya kesadaran untuk membaca, dan belum adanya kegiatan yang mendorong untuk membiasakan membaca. Penelitian bermaksud untuk mencari ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan korelasional. Hasil analisis penelitian ini yaitu terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,002< 0,05. Nilai r hitung sebesar 0,550, menunjukkan keeratan hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman kedalam tingkat sedang. Nilai r hitung 0,550 menunjukkan angka positif yang berarti semakin tinggi kebiasaan membaca maka semakin tinggi pula kemampuan membaca pemahaman peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spbs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah Jurnal Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal program ...