cover
Contact Name
Fisnia Pratami
Contact Email
pratamifisnia24@gmail.com
Phone
+6285273317482
Journal Mail Official
pratamifisnia24@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kotabaru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan 32161
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : -     EISSN : 27462684     DOI : -
Core Subject : Education,
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah Jurnal Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berfokus pada kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta kajian bahasa dan sastra secara umum. Jurnal ini bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis. Jurnal ini terbit 1 (satu kali) kali dalam setahun, yaitu Oktober. Focus And Scope: Inovasi Pembelajaran: metode, model, strategi, pendekatan, pengembangan materi dan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian bahasa dan sastra murni: analisis aspek-aspek kebahasaan dan kesusastraan baik bahasa dan sastra Indonesia secara umum maupun bahasa dan sastra daerah, Penelitian bahasa dan sastra interdisipliner: kajian yang mengaitkan antara bahasa dan sastra dengan disiplin ilmu yang lain.
Articles 45 Documents
RAGAM BAHASA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI BATURAJA MELALUI STUDI BERDASARKAN GENDER Dewi Lestari; Ratih Utami Ramadhaniati
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan analisis dalam artikel ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa ragam santai berdasarkan gender pada orang dewasa masyarakat Kelurahan Baturaja Permai Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU yang meliputi pemilihan topik pembicaraan dan diksi (pilihan kata). Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan (2) teknik simak libat cakap (SLC). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Pembicaraan antara laki-laki dengan sesamanya berlangsung selama 27 menit, pembicaraan tersebut dapat ditandai sebanyak 14 topik pembicaraan, pembicaraan laki-laki berkisar masalah ekonomi, politik, dan olahraga. Selanjutnya, pembicaraan perempuan dengan sesamanya berlangsung selama 20 menit, dengan jumlah perempuan yang berbicara sejumlah empat orang, dari pembicaraan itu ditandai sebanyak 13 topik pembicaraan. Pembicaraan perempuan berkisar pada masalah domestik yaitu masalah yang secara rutin dijalani mereka di dalam rumah tangganya. Masalah utama yang dibicarakan tersebut adalah cara memasak, makanan, masalah anak-anak, dan pakaian.
PENGEMBANGAN E-LKPD MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI BERBASIS LITERASI DIGITAL Eka Fitriani; Fisnia Pratami
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan E-LKPD Mengidentifiksi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital untuk peserta didik kelas XI SMA dan untuk mengukur kelayakannya bila diujikan pada peserta didik. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dibatasi hanya sampai pengujian E-LKPD. Penulis menggunakan data kuantitatif (hasil validasi) dan data kualitatif (hasil kuisioner). Langkah pengembangan ini dibagi menjdi tiga tahapan yaitu melakukan analisis guna mengetahui potensi dan masalah yang ada di sekolah, mengumpulkan data dan melakukan desain produk sebagai solusi permasalahan, melakukan pengembangan dan validasi untuk mengukur kelayakan produk. Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan skor skala lima (Skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan dan validasi yang diperoleh dari uji kelayakan rata-rata persentase sebesar 77% atau kategori layak dari ahli media, 91,9% dikategorikan sangat layak dari ahli materi, dan 76% dikategorikan layak dari ahli praktisi. Berdasarkan penilaian tiga ahli dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Mengidentifikasi Teks Eksplanasi Berbasis Literasi Digital sangat layak untuk diujicobakan pada peserta didik di kelas XI SMA.
ANALISIS STRUKTURAL CERITA RAKYAT KOMERING SEHARUK KARYA USMAN NURDIN Nur Fitria Ningsih; Sugiarti; Fisnia Pratami; Zulaikah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 1 (2023): April Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam kajian ini yaitu analisis struktural cerita rakyat Komering Seharuk karya Usman Nurdin. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis struktural cerita rakyat Komering Seharuk karya Usman Nurdin. Teori struktural yang digunakan adalah teori Nurgiyantoro, bahwa struktur karya sastra fiksi terdiri dari tema, penokohan, alur, latar, dan amanat. Metode kajian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan objektif. Sumber data dan data yang digunakan berupa dokumen dan kata-kata atau kalimat dalam buku cerita rakyat Komering Seharuk karya Usman Nurdin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, catat. Hasil penelitian ini berupa deskripsi analisis struktural cerita rakyat Komering Seharuk karya Usman Nurdin, meliputi tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan amanat. Berdasarkan hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa tema cerita ini yaitu pelajaran hidup dari anak sebatang kara yang tinggal bersama neneknya. Tokoh utamanya Seharuk digambarkan sebagai anak yang patuh, adapun tokoh tambahannya yaitu Nenek Seharuk, Pasirah Kai Pati, Perwatin Penjaga Gerbang, Lebai Penghulu Marga dan beberapa lainnya. Alur yang digunakan alur campuran. Latar tempatnya di dusun pinggir Sungai Komering, di Sosat Marga, dan di hutan. Latar waktunya yaitu pada suatu hari, di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Latar sosial-budayanya yaitu tradisi ritual penguburan orang meninggal di daerah Uluan Sungai Komering dilakukan oleh khatib atau Penghulu Marga, keseharian Seharuk dan pemuda kampung sebagai petani dan memangsa ikan, penggunaan bahasa daerah Komering. Sudut pandang yang digunakan sudut pandang persona ketiga. Amanat cerita ini yaitu jangan mudah menyimpulkan sesuatu tanpa berpikir terlebih dahulu.
PROSES AFIKSASI PADA CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI Fisnia Pratami; Suryani; Sundari; Siska
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 1 (2023): April Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Morfologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari struktur kata dalam suatu bahasa. Definisi ini didasarkan  pada pendapat bahwa kata biasanya memiliki struktur internal, yang terdiri dari unit-unit kecil yang menjadi unsur pembangunnya, yang disebut morfem. Banyak cakupan dari morfologi, salah satunya adalah proses afiksasi pada teks. Artikel ini membahas proses afiksasi pada karya sastra, yakni cerpen berjudul Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Tujuan kajian ini adalah untuk  mendeskripsikan proses afiksasi pada cerpen Mata yang Enak Dipandang. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam kajian ini adalah cerita pendek Mata yang Enak Dipandang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, teknik simak, dan teknik catat. Selanjutnya, teknik analisis data yaitu identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan deskripsi. Hasil analisis proses afiksasi dalam cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari ditemukan sebanyak 145 data afiksasi, yakni prefiks, sufik, dan konfiks. Temuan afiksasi dalam cerpen Mata yang Enak Dipandang lebih didominasi prefiks. 
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BAHUGA Prillia Ekaningtiass; Vina Setianingrum
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 5 No. 1 (2023): April Edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi di sekolah menjadi latar belakang artikel ini. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga. Pendekatan dalam artikel ini yakni pendekatan kuantitatif. Sampel diperoleh menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: 1) penguasaan kosakata siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 64,75 dengan kategori cukup baik; 2) kemampuan menulis teks narasi siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 65,83 dengan kategori cukup baik; dan 3) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga sebesar 0,920 dengan kategori keeratan korelasi sangat kuat (rhitung= 0,920 pada taraf nyata ɑ=0,05 dengan N=56, rtabel=0,259, dan rh>rt). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga. 
TELAAH BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII KKM MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR Lailatul Fitriyah; Lia Dwi Alfatimah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan butir soal penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII KKM Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja pada ranah materi, ranah konstruksi, dan ranah bahasa. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII yang disusun oleh KKKM MTs Nurul Huda Sukaraja tahun 2020/2021 yang digunakan sebagi instrumen penilaian akhir tahun. Penyediaan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan secara induktif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa berkaitan dengan ranah materi, bisa dikatakan butir soal memenuhi kelayakan pada taraf 65,3%, berkaitan dengan ranah konstruksi, 94,2% butir soal dikatakan memenuhi kriteria kelayakan, dan pada ranah bahasa, 76% butir soal memenuhi kriteria kelayakan.
CAMPUR KODE DALAM NOVEL BUKAN PUTRI TIDUR KARYA DHETI AZMI Lailatul Janah; Indah Sulmayanti; Shakti Apdillah Pratama
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang “Analisis Campur Kode dalam Novel Bukan Putri Tidur Karya Dheti Azmi”. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui campur kode dalam novel Bukan Putri Tidur karya Dheti Azmi. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam kajian ini adalah dokumen tertulis yang berupa naskah (teks) sastra yaitu novel berjudul Bukan Putri Tidur karya Dheti Azmi. Data dalam kajian ini adalah kata atau kalimat yang mengandung campur kode dalam novel Bukan Putri Tidur karya Dheti Azmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis dokumen atau kajian pustaka dengan menjadikan novel sebagai sumber utama diperolehnya data. Berdasarkan hasil analisis dalam novel tersebut ditemukan adanya campur kode dengan empat bahasa, yakni bahasa Inggris, bahasa Jawa, bahasa Korea, dan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Terdapat 50 data campur kode dalam novel tersebut. Dari keempat bahasa tersebut bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa utama yang digunakan, sedangkan ketiga bahasa yang lain masuk dalam ujaran berbahasa Indonesia dalam bentuk campur kode. Namun, penggunaan bahasa Indonesia dalam ragam resmi maupun tidak resmi banyak diwarnai dengan munculnya campur kode. 
ALIH KODE DALAM TEATER KOMPAS MAN 1 NGANJUK DENGAN JUDUL KEJEBAK OBAK Hilma Karennina Sandi
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui peristiwa alih kode dan campur kode di. Pentas Teater Kompas MAN 1 Nganjuk yang berjudul “Alih Kode dalam Teater Kompas MAN 1 Nganjuk dengan Judul “Kejebak Obak”. Alasan dilakukan kajian ini adalah, pertama, karena ada peristiwa alih kode dan campur kode dari ujaran -ujaran dalam bentuk bahasa Jawa Ngoko berubah menjadi bahasa Indonesia. Kedua, dalam slapstick ini pertunjukan, tidak terikat oleh naskah seperti pertunjukan seni lainnya, humor yang dibuat oleh pemain di atas panggung bersifat spontan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil diperoleh berupa faktor penyebab terjadinya alih kode, penggunaan bahasa mengalami alih kode peristiwa yang ditimbulkan oleh penutur yang melakukan alih kode dengan tujuan menyampaikan makna kepada lawan bicara dari bahasa Jawa Ngoko ke Bahasa Indonesia. Bentuk penggunaan campur kode dalam Pertunjukan Teater Kompas MAN 1 Nganjuk dengan judul “Kejebak Obak” adalah penyisipan unsur berupa kata dalam bahasa Jawa dikenal dengan tembung aran (kata benda), tembung kriya (kata kerja), tembung kahanan (kata sifat), penyisipan unsur berupa frasa dalam bahasa Jawa dikenal sebagai orang Jawa. Dikenal sebagai tembung aran (kata benda), tembung kriya (kata kerja), tembung kahanan (kata sifat), penyisipan unsur berupa idiom dalam bahasa Jawa. 
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA YPPI BELITANG Naina Rohma Septiana
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2022): April edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam artikel ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa. Tujuan kajian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi dengan penggunaan model cooperative learning. Kajian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest dengan populasi siswa kelas X SMA YPPI Belitang yang terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks biografi sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes unjuk kerja menulis teks biografi siswa kelas X SMA YPPI Belitang sebelum dan sesudah penggunaan model cooperative learning. Berdasarkan hasil temuan, dengan menggunakan model cooperative learning dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Hasil penelitian dapat dilihat dari (t) yang didapat dari skor posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol adalah 3,531 pada tingkat signifikansi (α=0,05) dalam uji dua sisi dengan df(n-2) = (64-2) = 62. Berdasarkan analisis statistik nilai (t) diperoleh 3,531 lebih tinggi dari nilai kritis (t) 2,000. Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh antara siswa yang diajar dengan menggunakan dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan model cooperative learning.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA ANAK AKU CINTA RAMADHAN SUNTINGAN DELLY RAIN FELLO SUGIARTI; Syaiful Anam; Lailatul Khanifah
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nilai karakter penting dalam pendidikan. Karya sastra memiliki banyak jenis dan ragamnya. Salah satu jenisnya adalah cerita anak. Beberapa ciri cerita anak adalah sebagai berikut. Ditinjau dari segi isi, dalam cerita anak tidak diperkenankan menuangkan hal-hal negatif. Selanjutnya dari sisi penyajian, cerita anak harus menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana. Tujuanya adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadhan suntingan Delly Rain Fello. Metode dalam artikel ini bersifat studi pustaka, yang datanya berupa dokumen (kumpulan cerita anak) dan bukan berupa angka-angka. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadan suntingan Delly Rain Fello. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut banyak dimunculkan melalui tingkahlaku para tokoh cerita. Disimpulkan bahwa kumpulan cerita anak Aku Cinta Ramadan suntingan Delly Rain Fello mengandung banyak nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai tersebut dituangkan melalui dua teknik, langsung dan tidak langsung. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi nilai religius, disiplin, peduli sosial, bekerja keras, tanggung jawab, toleransi, menghargai prestasi,  bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, mandiri, dan semangat kebangsaan.