JESA
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KURNIA KECAMATAN CIBUGEL SUMEDANG PADA MATERI GAYA MAGNET

Wawan Eka Setiawan (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kurnia Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang, dengan jumlah subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran, serta berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain penelitian model sepiral Kemmis dan Taggart yang didalamnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahlembar obervasi untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran, dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data ketercapaian setiap tahapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai berikut Pada siklus I kategori baik 35%, kategori cukup 40%, kategori kurang 30%. Pada siklus II kategori baik 75%, kategori cukup 15%, kategori kurang 10%. Pada siklus III kategori baik 90%, kategori cukup 10%, dan kategori kurang 0%. Sedangkan data awal hasil belajar siswa menunjukan siswa yang dinyatakan lulus hanya sekitar 20% yang tidak sesuai dangan KKM sebesar 80%. Hasil belajar pada siklus I menunjukan siswa yang dinyatakan lulus sekitar 45% sedangkan yang belum lulus sebesar 55%. hasil belajar siklus II menunjukan 65% yang dinyatakan lulus dan 35% siswa yang belum lulus. Pada siklus III menunjukan 85% yang dinyatakan lulus dan 15% yang tidak lulus.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...