JESA
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENGGUNAAN PENDEKATAN BERMAIN SEBAGAI CARA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Rana Gustian Nugraha (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Bermain, adalah suatu pendekatan pembelajaran jasmani yang dapat diberikan di segala jenjang pendidikan baik dari jenjang kelompok bermain (Kober) sampai pembelajaran pendidikan jasmani di tingkat Universitas. Pendekatan bermain ini diaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini dikaji bagaimana pembelajaran pendidikan jasmani dapat mengembangkan kreativitas gerak dan daya analisis anak ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain memiliki nilai kesempatan untuk mengekspresikan sesuatu yang anak rasakan dan pikirkan. Dengan bermain, anak sebenarnya sedang mempraktekkan keterampilan dan anak mendapatkan kepuasan dalam bermain, yang berarti mengembangkan dirinya sendiri. Dalam bermain, anak dapat mengembangkan otot kasar dan halus, meningkatkan penalaran, dan memahami keberadaan lingkungannya, membentuk daya imajinasi, daya fantasi, dan kreativitas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...