Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan berbagai macam model belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk dicobakan pada siswa pada mata pelajaran Matrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam pembelajaran matematika dalam hal ini yang dapat dilihat dari sisi ketuntasan belajarnya. (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (3) pemahaman siswa tentang materi bangun datar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Berdasarkan temuan di lapangan dan hasil pengolahan data, diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran Matriks dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal iniditunjukan dengan daya serap siswa pada tiap siklus. Demikian pula ketuntasan secara klasikal meningkat pada tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut penulis merekomendasikan agar dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru selalu mencari dan menentukan metode, dan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar.
Copyrights © 2017