Journal of Sport Science And Physical Education
Vol 1, No 1 (2020)

EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR KOMANDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND PUSH PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS V SD SWASTA AMAL BAKTI TAHUN AJARAN 2018/2019

Devi Catur Winata (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Forehand Push permainan Tenis Meja melalui gaya mengajar Komando  pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti 2018/2019. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa gaya mengajar Komando  terhadap hasil belajar Forehand Push.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Forehand Push  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 20 orang (80%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (20%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar Komando dapat meningkatkan hasil belajar forhand push pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti Tahun Ajaran 2018/2019. KATA KUNCI : Hasil belajar Forhand Push, gaya mengajar Komando

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JOSEPHA

Publisher

Subject

Education

Description

This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published ...