cover
Contact Name
Jack Suman Rulis Manurung
Contact Email
jack.surru@gmail.com
Phone
+6281256988072
Journal Mail Official
jurnaljosepha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Afandi Rani, Jalur 2, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Sport Science And Physical Education
ISSN : 27224384     EISSN : 27224376     DOI : https://doi.org/10.38114/josepha.v4i2
Core Subject : Education,
This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published twice a year on April and October.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Hubungan Status Gizi terhadap Hasil Belajar Penjas di Sekolah di Kabupaten Polewali Mandar Taufik Taufik
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i2.98

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Adalah Bagaimana keterkaitan status gizi terhadapa hasil belajar penjas di sekolah di. Tempat yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten polman. Adapun yang akan diteliti siswa SMP Negeri 1 Wonomulyo. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan dan keadaan tertentu. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Wonomulyo sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : Menggunakan tes status gizi, dan penilaian hasil belajar penjas. Teknik Analisiss data yang digunakan dalam penelitian ini adakah analisis deskriptif . Hasil  penelitian ini dapat di ketahui dengan hasil tes pengkuran tinggi badan dan pengukuran berat badan (Pengukuran Status Gizi) adalah status gizi berkategori sangat kurus (0%) berkategori kurus sebanyak 6 siswa atau 20%, berkategori normal sebanyak 24 siswa atau 80%, berkategori gemuk (0%) dan berkategori sangat gemuk (0%) secara umum status gisi  siswa SMP Negeri  1 Wonomulyo adalah dominan berkategori normal.     
PENGEMBANGAN MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN PRAMUKA PADA SISWA SMP Maharani Fatima Gandasari
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall dengan menyederhanakan menjadi 2 tahapan sebagai berikut (1) tahap pra-pengembangan, tahapan ini meliputi (a) kajian literatur dan penelitian relevan dan (b) studi lapangan, (2) tahap pengembangan, tahapan ini meliputi (a) penyusunan draf, (b) validasi ahli, (c) uji coba model skala kecil, (d) uji coba model skala besar, dan (e) produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 siswa di SMPN 1 Ngabang. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 130 siswa dari SMP Negeri 2 Ngabang, SMP Maniamas, MtsN Ngabang, Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yakni pengembangan pemanasan berupa permainan pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Landak. Hasil secara keseluruhan dari uji skala terbatas dan uji skala luas dari ketertarikan produk dari peserta didik rata-rata 85,59 (Baik), keterterimaan produk dari guru rata-rata 85,55 (Baik), keterlaksanaan dari permainan pramuka 82,75 (Baik). Keterterimaan produk yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 85,57 (Baik) dan keterlaksanaan permainan rata-rata 82,81 (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu bahwa model pemanasan berbasis permainan pramuka yang dikembangkan dapat diterima dengan Baik  dan dapat terlaksana dengan Baik. Disarankan bagi guru penjaskes untuk dapat menggunakan model pemanasan berupa permainan yang dihasilkan sebagai gambaran dan acuan guru penjaskes untuk mengembangkan berbagai bentuk pemanasan yang lebih variatif dan inovatif.Kata kunci : Model, Pemanasan, Permainan Pramuka
Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Madri M; Arie Asnaldi
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i2.102

Abstract

Penelitian diawali berdasarkan survey lapangan diprediksi masih banyak siswa dan siswi yang belum memenuhi kriteria dalam proses belajar mengajar. Hal ini dibangun oleh banyak faktor, yang disebabkan oleh motivasi dan disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan motivasi dan disiplin dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian siswa dan siswi yang menyatakan 337 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratifiet random sampling. Dengan demikian sampel diambil dari siswa dan siswi kelas Vll dan kelas Vlll dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel. Instrumen dan teknik data penelitian ini adalah: (1) data diambil dengan angket, (2) data diambil dengan angket, (3) data hasil belajar diambil dari nilai semester siswa. Penelitian ini mengajukan hipotesis sebagai berikut: (1) terdapat hubungan signifikan motivasi dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, (2) terdapat hubungan signifikan disiplin dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, (3) terdapat hubungan signifikan motivasi dan disiplin secara bersama -sama dengan hasil pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 35 Padang. Data dianalisis dengan melihat momen produk dan pertunjukan ganda taraf signifikan a = 0,05. Berdasarkan analisis diperoleh sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,567> r tabel = 0,279 dan t hitung 4,775 > t tabel 1,684. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,586> r tabel = 0,279 dan t hitung 5,012 > t tabel1.684. (3) keberadaan hubungan yang signifikan antara motivasi dan disiplin secara bersama-sama dengan hasil pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri 35 Padang, yang dibuktikan dengan nilai r hitung = 0,651> r tabel = 0,279 dan F hitung 17,284> F tabel 3,23.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA BOLA BESAR DI STKIP PAMANE TALINO TAHUN 2019/2020 Jack Suman Rulis Manurung; Erna Yantiningsih
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.53

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sarana dan prasarana olahraga di STKIP Pamane Talino sudah terpenuhi dan layak digunakan dalam proses perkuliahan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian ini penelitian survey, yang menggunakan angket dalam mengumpulkan data-data maupun informasi yang diperlukan dalam tercapainya tujuan penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana sepak bola adalah  52.2%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah sepak bola di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak, untuk  poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana bola basket didapatkan hasil persentase  61.5%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah bola basket di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak dan poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana bola voli adalah  52.6%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah bola voli di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak. Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, Kelayakan Sarana Prasarana Olahraga
TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ATLET REMAJA Eko Purnomo; Eddy Marheni; Nina Jermaina
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i2.86

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah melakukan tinjauan terhadap tingkat kepercayaan diri atlet pemula yang berlatih di bawah kepengurusan PASI Padang Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adalah memberikan penyebaran angket dengan mengharapkan pengalaman atlet pemula berlomba pada tingkatan, bagaimana atlet memacu diri untuk mencapai tujuan yang diinginkan, bagaimana keadaan fasilitas dan perannya dalam membantu perkembangan atlet, dan kondisi lingkungan latihan. Dari 9 atlet pemula yang dilakukan analisis determinasi, fasilitas, dan lingkungan latihan dapat disimpulkan bahwasanya atlet remaja PASI Padang Pariaman memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Meskipun demikian pada tahap selanjutnya untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri terbangun perlu adanya studi kualitatif melalui aspek yang membangun kepercayaan diri sehingga perkembangan kepercayaan diri dapat diketahui dan bagaimana mengontrol kepercayaan diri pada seseorang melalui teknologi.
EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR KOMANDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND PUSH PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS V SD SWASTA AMAL BAKTI TAHUN AJARAN 2018/2019 Devi Catur Winata
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Forehand Push permainan Tenis Meja melalui gaya mengajar Komando  pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti 2018/2019. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa gaya mengajar Komando  terhadap hasil belajar Forehand Push.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Forehand Push  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 20 orang (80%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (20%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar Komando dapat meningkatkan hasil belajar forhand push pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti Tahun Ajaran 2018/2019. KATA KUNCI : Hasil belajar Forhand Push, gaya mengajar Komando
Survei Pola Pembinaan Ekstrakurikuler Olahraga Futsal SMP Negeri di Kabupaten Kebumen Ibnu Prasetyo Widiyono
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan ekstrakurikuler futsal SMP Negeri di Kabupaten Kebumen.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMP Negeri Kabupaten Kebumen yang melaksanakan ekstrakurikuler Futsal yang berjumlah 24 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pembinaan futsal SMP Negeri Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan survei pola pembinaan ekstrakurikuler olahraga futsal SMP Negeri di Kabupaten Kebumen sebanyak 0 sekolah (0 %) yang masuk dalam kategori pembinaan sangat tidak baik, sebanyak 0 sekolah (0 %) kategori pembinaan tidak baik, 7 sekolah (29,17%) katogori sedang, 17 sekolah (70,83 %) kategori baik, dan o sekolah (0%) termasuk kategori sangat baik. Nilai rerata sebesar 55 terletak pada interval 49,5 ≤ X < 60,5. serta frekuensi tertinggi juga pada interval 60,5 ≤ X < 71,5 sebesar 70,83% maka survei pola pembinaan ekstrakurikuler olahraga futsal SMP Negeri di Kabupaten Kebumen secara keseluruhan termasuk kategori baik
PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR Taryatman Taryatman; Siti Irene Astuti
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.58

Abstract

Manusia memiliki perasaan, akal budi, karakter atau watak yang beragam, yang semuanya itu sebenarnya adalah berbagai macam bentuk kecerdasan. Berdasarkan teori perkembangan peserta didik, diyakini bahwa setiap peserta didik lahir dengan lebih dari satu bakat. Setiap peserta didik mempunyai bakat yaitu kemampuan yang menonjol dalam salah satu aspek kepribadian, yang diperoleh sebagai pembawaan. Oleh karena itu, sejak lahir setiap peserta didik tidak ada yang bodoh, yang ada anak yang cerdas dalam aspek yang berbeda-beda. Kajian literatur ini terfokus pada pendekatan kecerdasan majemuk pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk hidup sehat bagi peserta didik sekolah dasar. Pembahasan dalam kajian telaah ini supaya memberikan gambaran sejumlah strategi bagi guru pendidik jasmani untuk kegaitan belajar mengajar (1) teknik gerak dasar; (2) hubungan antara hidup sehat yang aktif, teori multiple intelligence, dan pembelajaran gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif, dan (3) pendekatan multiple intelligence untuk mengajar dan belajar. Teori multiple intelligence menyatukan sumber daya intelektual dan bervariasi yang diberikan kepada peserta didik dan masyarakat dilingkungan sekolah maupun masyarakat umum. Mengintegrasikan teori multiple intelligence dengan prinsip-prinsip hidup sehat secara aktif yang dipelajari sebagai cara untuk perencanaan program, penyampaian program, pembelajaran peserta didik, dan untuk memfasilitasi evaluasi pembelajaran yang sesuai dalam program hidup sehat bagi peserta didik di sekolah dasar.  Kata kunci:multiple intelligence, pendidikanjasmani, hidupsehat
Tinjauan Kemampuan Lompat Jauh Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Penjasorkes yudabbirul arif
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i2.88

Abstract

Kemampuan lompat jauh siswa SD 21 Purus Padang barat masihrendahdalam pembelajaran penjasorkes.Tujuan dari penelitian yang dilakaukan ini adalah untuk mengetahui kemampuan lompat jauh yang dimiliki siswa 21 Purus Padang Barat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD 21 Purus yang berjumlah 95 orang.Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 15 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemamauan lompat jauh yang terdiri dari awalan, tolakan, mendarat.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentatif secara manual.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang kemampuan awalan siswa SD 21 Purus bisa dikatakan sudah cukup baik karena tidak ada yang berada dalam kategori kurang. Dari aspek penilaian start rata-rata yang dicapai 8 dan persentae 1,2% dikategorikan sedang dan dalam kecepatan lari rata-rata yang dicapai 12 dan persentase 1,8% dikategorikan baik. Kemampuan Tolakan siswa SD 21 Purus dalam aspek tolakan dengan satu kaki dan ayunan tangan sama-sama memiliki rata-rata 9 dan persentase 1,35 dan dikategorikan sedang. Kemampuan sikap mendarat Siswa SD 21 Purus dalam titik berat badan dikategorikan sedang dan rata-rata  9 mendapatkan persentase 1,95. Sedangkan dalam aspek julukan tangan kedepan rata-rata 9 dan persentase 1,35 dikategorikan baik. Kata kunci :Awalan, Tolakan, Mendarat
MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI DENGAN METODE PENUGASAN SENAM INDONESIA BERSATU Erna Yantiningsih
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.33

Abstract

Abstrak Olah raga merupakan salah satu sarana untuk memperoleh kesehatan dan meningkatkan Kesegaran jasmani. Pada dasarnya semua olahraga baik untuk dilakukan oleh semua usia dan jenis kelamin. Upaya membangun kebiasaan anak untuk dapat memiliki kesadaran berolahraga sejak dini membutuhkan usaha yang cukup keras. Oleh sebab itu, olahraga sebaiknya diberikan sejak anak-anak sehingga kemadirian anak untuk sadar akan berolahraga dapat tertanam sejak dini. Kemandirian berolahragan adalah suatu sikap seseorang yang penuh ketekunan untuk melakukan aktifitas fisik atas dorongan diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan Kesegaran jasmani, mengejar prestasi olaharaga serta berkeinginan untuk melakukan aktifitas fisik tanpa bantuan orang lain. Senam  Indonesia Bersatu merupakan gabungan gerak tubuh yang diiringi dengan musik. Iringan musik ini diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam melakukan gerak tubuhnya. metode penugasan dan penggunaan media audiovisual berupa instruksional video ini bertujuan agar anak dapat mempelajari dan melakukan gerakan senam  Indonesia Bersatu tidak hanya di sekolah saja, tetapi dapat dilakukan juga diluar sekolah seperti di rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan desain Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan planning, acting, observasi, refleksi. Penelitian tindakan adalah penelitian tentang hal-hal yang terjadi dimasyarakat atau kelompok sasaran, dan hasilnya langsung dapat dikenakan pada masyarakat yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus pertama tingkat kesegaran jasmani siswa mencapai nilai rata-rata 13,66 dan pada siklus ke dua tingkat kesegaran jasmaninya meningkat mencapai nilai rata-rata 15,91. Terjadinya peningkatan kesegaran jasmani siswa tiapsiklusnya, maka dengan demikian kesegaran jasmani siswa dapat ditingkatkan melalui metode penugasan senam  Indonesia Bersatu. 

Page 1 of 4 | Total Record : 40