Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri
Vol 1, No 2 (2013)

REKAYASA E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN JARINGAN PEMASARAN (Studi kasus pada Sentra IKM Perhiasan Perak Tempeh Lumajang)

Aprila Palupi, Inggrid Nindia (Unknown)
Santoso, Purnomo Budi (Unknown)
choiri, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini menerapkan pengembangan sebuah solusi teknologi informasi untuk sistem pemasaran dengan menggunakan website e-commerce yang belum digunakan oleh Sentra IKM Perhiasan Perak Tempeh Lumajang. Hal ini dikarenakan sistem pemasaran yang dilakukan oleh sentra tersebut masih bergantung pada showroom tertentu di Bali dan Yogyakarta serta adanya keterbatasan pengetahuan mereka tentang teknologi informasi. Metode yang digunakan adalah SDLC, mulai dari perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Penelitian ini menggunakan software Prestashop, yaitu CMS free open source yang dibuat dengan menggunakan PHP dan MySQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe website e-commerce. Prototipe tersebut telah diuji dengan hasil uji verifikasi menyatakan semua fitur-fitur yang ada di dalam sistem dapat berjalan dengan baik, hasil uji validasi menyatakan bahwa sistem dapat berjalan sesuai dengan user requirement yang sudah ditentukan, dan hasil uji prototipe menyatakan bahwa sistem website e-commerce ini lebih memudahkan user dalam mengakses informasi tentang produk perhiasan perak. Sehingga prototipe website e-commerce yang dibuat dapat digunakan sebagai pengembangan jaringan pemasaran secara online.   Kata Kunci: Perhiasan Perak, E-commerce, SDLC, CMS, Prestashop

Copyrights © 2013