Journal of Biology Learning
Vol 1, No 1 (2019): March 2019

Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study di Program Studi Pendidikan Biologi

Agus Purwanto (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Kualitas siswa dalam Program Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara tidak dalam kualitas tertinggi. Tetapi kompetensi kelulusan standar diperlukan di tingkat yang baik. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keterampilan dalam kegiatan belajar. Peningkatan aktivitas pembelajaran telah dilakukan melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study pada mata kuliah sistematika tumbuhan tinggi melalui 4 siklus. Setiap siklus memiliki tahapan perencanaan-lihat-lihat. Data diperoleh dari deskripsi tahapan plan-do-see dan analisis dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi rencana itu layak dan teliti. Implementasi do bahwa perkuliahan dapat mengatur waktu dengan baik, memberikan motivasi dan ketepatan pada kesalahpahaman yang disampaikan oleh mahasiswa; selain itu, aktivitas belajar siswa dan kemandirian mereka selama kegiatan belajar semakin meningkat. Implementasi see dapat meningkatkan kolaborasi antar dosen dalam menyusun rencana selanjutnya. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah berdasarkan studi pelajaran dapat meningkatkan keterampilan dosen dalam melakukan kegiatan belajar siswa, meningkatkan kegiatan belajar siswa dan meningkatkan kemandirian siswa.Kata kunci: keterampilan belajar, lesson study, pendekatan saintifik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbl

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Biology Learning with registered number ISSN 2623-2243 (Print), 2623 – 1476 (Online), managed by Biology Education of Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, published by Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. This journal ...