Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Ngepeh Kecamaatan Saradan, Kabupaten Madiun dalam menulis surat undangan dengan menggunakan foto.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data triangulasi, dan dalam kegiatan analisis dan kegiatan pengumpulan data menggunakan siklus. Berdasarkan hasil penelitian PTK adalah hasil siklus I keterampilan menulis siswa menunjukkan penguasaan subjek penelitian yaitu 59,2%. Pada siklus II hasil menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan menulis siswa mencapai 83,2%, hasil peningkatan keterampilan menulis siklus I ke siklus II sebanyak 24%. Peningkatan kemampuan menulis surat undangan hingga ketepatan viabilitas surat yang sesuai. foto, elemen elemen kelengkapan surat, ketelitian kata sopan, ketepatan kalimat, dan penggunaan ejaan dan tata bahasa alat tulis yang tepat. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa media foto dapat meningkatkan kemampuan menulis surat undangan siswa kelas SDN Ngepeh Kabupaten Saradan Madiun pada tahun akademik 2015/2016.Kata kunci: Media Foto, Keterampilan Menulis
Copyrights © 2019