JURNAL HOSPITALITI DAN PARIWISATA
Vol 3 No 2 (2020): JURNAL HOSPITALITI DAN PARIWISATA

Analisis Komunikasi Front Office dan Housekeeping di Melva Balemong Hotel & Resort

Azis Nur Rosyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang penting, yang tidak bisa lepas dari berbagai aspek kehidupan manusia.Meskipun hotel mempunyai fasilitas yang dilengkapi dengan teknologi modern, namun adanya kendala komunikasi antara Front office dengan Housekeeping timbul masalah yang dapat menyebabkan komplain tamu di Melva Balemong Hotel & Resort. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan spesifikasi kualitatif dengan melihat dan mengamati komunikasi antara front office dan housekeeping. Hubungan Housekeeping dengan Front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yang dilakukan oleh staf front office dan housekeeping di Melva Balemong Hotel & Resort sudah baik namun waktu yang diperlukan dalam penyampaian pesan masih memerlukan saling pengertian karena media belum optimal dan juga dibantu Housekeeping untuk adanya penerapan SOP di masing-masing bagian. KataKunci: Interaksi, Komunikasi, Media, Room Division

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JHP

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Hospitaliti dan Kepariwisataan yang menerbitkan hasil - hasil studi, kajian dan penelitian ilmiah baik dari kalangan akademisi maupun ...