Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu observasi dan angket dimana data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif melalui dua tahap, yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis kualitatif tersebut kemudian dilengkapi dengan analisis deskriptif dengan menggunakan presentase kuantitatif untuk menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014 dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Aktivitas Belajar kelas X AK 2 dari 73,41% pada siklus pertama dan mencapai 83,24% pada siklus kedua. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Bantul secara klasikal tanpa dominasi dari beberapa siswa saja.
Copyrights © 2020