Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu tumbuh kembang dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan sebelum memasuki pendidikan lanjutan. Pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui jalur formal, nonformal, maupun informal. Salah satu jalur informal dilakukan oleh PAUD. Materi utama pendidikan PAUD tidak mengajarkan anak membaca, menulis dan berhitung tetapi memberikan nilai fisik dan spiritual kepada anak agar anak mampu mandiri dan memberikan kemampuan terbaiknya dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan metode deskriptif analisis kualitatif, tanpa menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini (1) sebagai pembelajar, guru wajib membuat rencana pembelajaran menjadi empat kali (2) sebagai pelaksana pembelajaran, guru wajib menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan tema dan memastikan paling sedikit semua aspek. Dalam seminggu yang akan dicapai telah dilaksanakan (3) sebagai motivator, guru berkewajiban terbuka kepada semua siswa, agar berani mengemukakan pendapat secara positif dan siswa mampu memanfaatkan potensinya secara maksimal (4) pembelajaran Metode yang diterapkan oleh PAUD Rose Jakarta cukup baik dan menarik minat siswa untuk belajar. (5) Kendala yang terdapat di PAUD Rose Jakarta dapat dilihat dari dua sisi yaitu muatan internal dan eksternal.
Copyrights © 2020