Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 5 No 2 (2020)

MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA DI ERA DIGITAL PADA INDUSTRI PENYIARAN (Studi Kasus pada Radio Smartfm 101.8 Pekanbaru)

Geofakta Razali (Unknown)
Deria Pradana Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen penyiaran Smartfm Pekanbaru dalam menghadapi persaingan dan era digital di Industri Penyiaran. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis dan menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori Manajemen Penyiaran Peter Pringle. Informan dalam penelitian ini adalah Station Manager, Program Coordinator, Penyiar, Staff Pemasaran dan Staff Produksi Smartfm Pekanbaru yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio SmartFm Pekanbaru memiliki segementasi usia 17-45 tahun dengan presentasi 60% wanita dan 40% pria. Pengorganisasian SmartFm Pekanbaru menempatkan masing-masing Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga kerja sesuai keahlian mereka pada bidangnya masing-masing, sehingga hasil kerja yang didapatkan bisa memuaskan. Proses pengarahan Smartfm Pekanbaru meliputi motivasi, komunikasi dan pelatihan, sedangkan dalam proses pengawasan, Smartfm Pekanbaru melakukan evaluasi secara harian, minggun, bulanan dan tahunan. Selain itu, SmartFm juga melakukan penilaian karir bagi semua karyawan. Dalam proses evaluasi, Smartfm Pekanbaru juga mengalami beberapa kendala diantaranya adalah kendala teknis dan SDM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...