Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKA

Haryanto, Rudy (Unknown)
Rozza, Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atas strategi pemasaran dan manajemen hubungan masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Objek Penelitian adalah unit hubungan masyarakat (Humas) PNJ yang pada struktur organisasi langsung bertanggung jawab kepada Direktur PNJ. Kegiatan Humas setiap periode diringkas dalam matriks, baik tugas dan wewenang petugas Humas, kompetensi dan sasaran mutu terkait strategi pemasaran jasa pendidikan, baik internal maupun eksternal. Agar fungsi dan peran Humas di perguruan tinggi menjadi efektif, disarankan untuk melakukan langkah pengembangan yang sistematis dan terpadu. Langkah ini disebut dengan ROPE, atau Research, the setting of Objection, Programming and Evaluation, baik dalam model dan cara penanganannya maupun program yang dikembangkan. Kebutuhan komunikasi organisasi, baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal diidentifikasi melalui suatu kajian (riset). Setelah melakukan analisis, langkah berikutnya adalah menyusun rencana strategis Humas yang meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran Humas, kemudian dijabarkan dalam program kerja Humas. Kata Kunci: strategi, jasa pendidikan, hubungan masyaraka

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ...