Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

MODEL OUTDOOR STUDY DENGAN MEMBERDAYAKAN POTENSI KEBUN POLYBAG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV

Sari Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat kebun polybag sebagai media pembelajaran tematik melalui model outdoor study di halaman sekolah dasar, 2) Mengimplementasikan pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study, 3) Menganalisis tingkat keefektifan dari implementasi pembelajaran tematik dengan media kebun polybag melalui model outdoor study. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Pemberdayaan kebun polybag adalah membudidayakan tanaman di media polybag di halaman sempit sekitar kita. Outdoor study dibatasi pada kegiatan siswa diluar kelas, mengetahui alat dan bahan untuk membuat media polybag, siswa diajari cara membuat media polybag, cara menanam sayuran, cara merawat, mengetahui perkembangan tanaman, mengenali bagian tumbuhan dan fungsinya sampai pada cara memanen tanaman. Penelitian ini menggunakan metode Research and development dalam pembelajaran adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februaru sampai Juni 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sukoharjo 01 Margorejo Pati. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dokumentasi dan tes. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari Pemberdayaan kebun polybag sebagai media pembelajaran dapat dibuat dengan baik yang terdiri dari berbagai sayuran tomat, cabe, brokoli, terung dan bayam. Hasil belajar awal siswa dengan ketuntasan klasikal 35,71% meningkat menjadi 71,43% dan akhir menjadi 92,86%. Dimana jumlah siswa yang awalnya ada 9 siswa tidak tuntas menurun tinggal 1 siswa yang tidak tuntas80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran outdoor study dengan memberdayakan potensi kebun polybag sebagai media tematik sangat efektif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...