Jurnal Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 8, No 2 (2020)

Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter di MTS Al Mizan Pandeglang

Aris Salman Alfarisi (STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mizan Rangkasbitung dengan tujuan untuk mengetahui apa saja problematika guru dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Al-Mizan Rangkasbitung  beserta solusinya, untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang problematika guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mizan Rangkasbitung, hal ini sebagai kajian guru Pendidikan Agama Islam untuk memahami peserta didik agar dapat menilai dan mengevaluasi hingga menginformasikan hasil tersebut kepada MTs Al-Mizan bagaimana program dan proses guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Al-Mizan berjalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah merupakan salah satu dari jenis penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan tentang problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk tujuh karakter, yaitu: karakter Sopan santun, Berpenampilan baik, Religius, Jujur, Disiplin, Kreatif dan Tanggung jawab.Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah guru yang bertugas mengampu mata pelajaran Agama Islam. Salah satu tugas penting guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah membuat peserta didik belajar dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Al-Mizan yaitu: Tertutupnya peran orang tua tentang karakter anak sebelum memasukkan anak nya ke MTs Al-Mizan dan Lemahnya kemampuan peserta didik dalam membaca tulis Arab (Al-Qur’an). Solusi dalam mengatasi problematika guru ini, Peserta didik harus lebih rajin dan semangat dalam membaca dan menulis tulisan Bahasa Arab. Guru agar senantiasa lebih meningkatkan kualitasnya serta menjadi teladan dan contoh kepada peserta didik. Sehingga peserta didik akan melihat dan mencontoh pula apa yang dilakukan oleh guru tersebut. Orang tua hendaknya membantu mendukung segala kegiatan sekolah untuk turut serta menciptakan peserta didik yang baik dari segi kognitif dan afektifnya, Begitu pula dengan hal yang berkaitan dengan karakternya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAD

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah ini dikelola Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Lebak, Banten. Jurnal ini merupakan perubahan dari Jurnal Al-Hadloroh (ISSN 2067-5606). Sejak Volume 1 Nomor 1 Maret 2013, sebagai terbitan perdana, berkala ini berganti nama ...