Jurnal Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 3, No 1 (2015)

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Tentang Zakat

Solihin Solihin (STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2015

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin sangat memandang tinggi nilai pendidikan. Ini diaplikasikan bagaimana islam menjelma sebagai lembaga pendidikan tertua diindonesia. Sebuah pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang mengajarakan bagaimana seorang manusia sadar bahwasannya ia adalah makhluk yang harus terus dididik.Dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut : Untuk memperoleh data model pembelajaran di MTs Daar el-Qolam, Untuk memperoleh data hasil belajar fiqih  dengan menggunakan model pembelaaran jigsaw dan Untuk memperoleh data tentang pengaruh  penggunaan  model pembelajaran jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran FiqihMetode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode penelitian yang menekankan pada eksperimentasi, deskripsi, survei, dan menemukan korelasional. Selanjutnya adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan suatu gejala yang terjadi dengan ukuran-ukuran statistik.Berdasarkan penelitian ini didapat data variabel X sebagai berikut : Mean = 84,04, Mdn = 84,6, Mo = 83846 dan S = 4,62, dan perolehan data variabel Y adalah sebagai berikut : Mean = 86,46, Median = 86,7, Mo = 87,09 dan S = 4,21. Kemudian angka indeks korelasi tersebut tidak bertanda negatif artinya variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang searah atau terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran Fiqih menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan hasil belajar belajar siswa. Dari tingkat pengaruh antara  pembelajaran Fiqh menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Daar el-Qolam sebesar 22,08 % sisanya sebesar 77,91 % dipengaruhi oleh faktor lain

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JAD

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah ini dikelola Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Lebak, Banten. Jurnal ini merupakan perubahan dari Jurnal Al-Hadloroh (ISSN 2067-5606). Sejak Volume 1 Nomor 1 Maret 2013, sebagai terbitan perdana, berkala ini berganti nama ...