Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 1 No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

IMPLEMENTASI OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 BAKAL

Yunita Dewi Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar IPA kelas V SDN 2 Bakal, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal setelah menggunakan metode outdoor study, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan Nonequivalent Control Group. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan metode outdoor study, sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa SDN 2 Bakal, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 2 Bakal. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling. Hasil analisis menunjukkan thitung = 0,28 > ttabel = 0,205. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Persentase peningkatan hasil belajar sebesar 34,3% dengan <g>hitung = 0,7 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...