Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar IPA kelas V SDN 2 Bakal, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal setelah menggunakan metode outdoor study, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan Nonequivalent Control Group. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan metode outdoor study, sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa SDN 2 Bakal, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 2 Bakal. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling. Hasil analisis menunjukkan thitung = 0,28 > ttabel = 0,205. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Persentase peningkatan hasil belajar sebesar 34,3% dengan hitung = 0,7 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang.
Copyrights © 2018