Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

STUDI PENDAHULUAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SMA

Rahmaniah Dhuha (Unknown)
Nyai Suminten (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran yang biasa guru gunakan pada pembelajaran didalam kelas serta sejauh mana pembelajaran dapat diterima baik oleh siswa. Analisis kebutuhan dilakukan dengan cara observasi di dalam kelas serta angket secara online berupa google form. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitain ini peneliti melakukan observasi dan menyebarkan angket. Hasilnya guru masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran masih kurang efektif dan sistem pembelajaran menggunakan cara kerja otak dirasa cukup. Merujuk kepada pembelajaran Brain Based Learning yang telah dikemukakan sebelumnya, maka pembelajaran yang dibanggun akan memerlukan unsur pemahaman didalamnya. Pemahaman konsep tersebut akan membuat siswa lebih memahami segala yang diajarkan oleh guru. Sehingga dalam pembelajaran memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah kemampuan berpikir, dengan suasana yang menyenangkan serta berperan aktif berpartisipasi secara optimal dalam pembelajaran, karna motivasi dapat menggerakan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...